Home / News / Akibat Puso, Jasindo Menyerahkan Klaim Asuransi Pertanian
Akibat Puso, Jasindo Menyerahkan Klaim Asuransi Pertanian

Akibat Puso, Jasindo Menyerahkan Klaim Asuransi Pertanian

Suaraindonesianews – Unaaha,  Pemerintah Kab.Konawe berupaya meningkatkan produktifitas para petani di daerahnya, bukan hanya dengan peningkatan kualitas produksinya tetapi sampai dengan penanganan terhadap musibah puso (gagal panen) yang di landa para petani, mulai dari ganguan hama padi yang menyerang sampai dengan musibah kekeringan atau kebanjiran yang melanda lahan pertanian di kab.konawe.

Melalui kerja sama Dinas Terkait dengan pihak asuransi Jasindo cabang kendari, Sejumlah petani di Kabupaten Konawe memperoleh ganti rugi atas klaim asuransi usaha tani padi (AUTP) pertanian mereka akibat gagal panennya sawah para petani.

Serah terima klaim dana asuransi ini dilaksanakan di kantor Balai BP3KKP Kecamatan Lambuya, dihadiri Pihak Asuransi Jasindo,Yogi Nursetyo, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Konawe, Muh. Akbar dan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Konawe, Syahruddin. (29/04-17)

Muh. Akbar mengatakan” dana klaim asuransi yang dibayarkan pihak jasindo kepada para petani adalah produk asuransi bidang pertanian, yang kusus di sediakan bagi petani se-kab.konawe yang mengikuti program Asuransi tani jasindo, terhadap kasus gagal panen yang disebabkan gangguan hama padi ataupun akibat kekeringan atau banjir yang melanda lahan pertanian. Hal inilah yang selalu kami antisipasi sebagai pemerintah dan kelebihan asuransi Jasindo ini tidak berbicara gagal panen per kabupaten, tetapi berbicara gagal panen per orangan per hektarnya, sehingga kedepan pengembangan pertanian kita, perkembangan lahan padi kita dapat memberikan motivasi kepada masyarakat petani  untuk terus bertani tanpa kawatir kerugian yang akan ditimbulkan saat gagal panen nantinya”.

Lanjutnya, Masih ada satu tugas kita sebagai pemerintah, kiranya Bupati Konawe dapat menfasilitasi kita, bagaimana kedepan kita berbicara paska panennya mengenai harga, yaitu produk asuransi paska panennya.

Di tempat yang sama, Kepala Cabang Jasindo Kendari, Yogi Nursetyo menjelaskan, saat ini Kab.Konawe memiliki potensi lahan pertanian untuk diasuransikan, luasan lahan pertanian sebanyak 36 ribu Hektar dan baru sekitar 25 ribu Hektar yang berhasil didaftarkan untuk mengikuti program asuransi Jasindo  dan ini akan terus bertambah seiring dengan sosialisai program yang dilakukan  pihak pemerintah setempat.(Red.SI)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top