Home / Gaya Hidup / Trend Hijab Di Mata Wanita Muslimah
Trend Hijab Di Mata Wanita Muslimah

Trend Hijab Di Mata Wanita Muslimah

Post News :

  • Fharida Yuniar, Fakultas Ilmu Kesehatan
  • Universitas Muhammadiyah Malang

Suaraindonesianews – Trend Mode, Hijab menurut Al-Quran artinya penutup secara umum. Hijab atau yang biasa kita dengar ialah kerudung yang digunakan oleh wanita muslim. Terkadang kata hijab dimaksudkan dengan jilbab. Dan adapun makna lain dari jilbab adalah sesuatu yang menutupi atau menghalangi dirinya. Jilbab berasal dari bahasa Arab yaitu Jalaba yang artinya menghimpun atau membawa. Jilbab lebih dikenal pada negara-negara dengan mayoritas Islam dengan nama yang berbeda-beda. Di Iran disebut chador, sedangkan India dan Pakistan disebut pardeh, Libya milayat, Irak abaya, Turki chashaf, Malaysia tudung, kata hijab digunakan di negara Arab-Afrika.

HIjab dari masa ke masa akhirnya mengalami perkembangan bila ditinjau dari segi fashion. Berkat perkembangan inilah, sebutan ‘hijab’ menjadi lebih populer. Hijab memiliki ciri fashion yang lebih kental dibandingkan jilbab pendahulunya. Sebelum berkembangnya dunia mode muslimah dalam 2-3 tahun terakhir, jilbab terkesan lebih sederhana dan apa adanya. Sementara hijab masa kini, tidak butuh waktu lama untuk mengeluarkan kreasi baru, gaya atau motif baru dan trend terbaru.   Selalu ada perbedaan pendapat mengenai hijab kini dan dulu. Banyak yang mengatakan bahwa hijab masa kini sudah mulai melupakan dasar-dasar hijab yang syar’i. Misalnya warna-warna pakaian pastel yang cerah dan kreasi-kreasi jilbab yang unik dan masih memakai pakaian yg ketat walaupun pakai hijab.

Berbagai hijab modern lahir dengan desain yang unik serta menarik untuk memenuhi kebutuhan fashion hijab tanah air, dari beragam model hijab terbaru yang beredar terdapat beberapa koleksi hijab modis yang menjadi favorite setiap wanita muslimah, mereka tertarik menggunakan berbusana hijab karena saat ini kebutuhan busana dan lingkungan mendukung, sudah banyak wanita yang mampu membuktikan diri kalau berhijab itu menyenangkan dan tentunya bisa tampil cantik dan menawan.
tak jarang mereka pun men-share gaya-gaya hijab terbaru di akun media social, disana kita bisa melihat mereka begitu antusias untuk berbagi dan memang tujuan para hijabers ini baik yaitu untuk mengajak berbusana hijab. Trend busana muslim model terbaru memang mudah sekali mendapat tempat dihati setiap wanita, tak ayal mereka berbondong-bondong berburu model baju muslim jaman sekarang. Untuk digunakan berbagai jenis aktivitas , misalnya pesta, ngampus, dan sehari-hari serta jenis aktivitas lainnya. Tak perlu ragu dan malu lagi untuk berbusana muslim sebab apa-apa yang dibutuhkan sudah tersedia.

Seiring kemajuan fashion dari masa ke masa, penggunaan jilbab  mengalami perkembangan yang cukup pesat dengan sebutan hijab. Hijab/Jilbab yang digunakan sekarang lebih memiliki ciri fashion yang lebih kental  dibandingkan dengan jilbab/hijab yang digunakan kaum wanita pada zaman dahulu. Cara berhijab/jilbab saat ini bermacam-macam dan telah banyak modifikasi, gaya, motif serta trend baru. Pada zaman dahulu penggunaan hijab/jilbab terkesan lebih sederhana dan apa adanya. Sekitar tahun 90-an, Indonesia sempat memiliki gaya berjilbab/hijab dengan menggunakan ciput dan kerudung. Namun pada saat itu kaum remaja menganggap penggunaan hijab/jilbab seperti itu sangatlah kuno. Sangat berbeda sekali dengan penggunaan hijab modern seperti saat ini yang beraneka ragam dan terkesan berlebihan. Model-model hijab/jilbab jaman sekarang ini justru ada yang mengadopsi dari gaya berpakaian orang barat, adapula yang menyimpang/tidak sesuai dengan Syar’I dan adapula yang tidak sengaja mirip dengan cara berpakaian agama lain.

Zaman sekarang ini, banyak kaum wanita khususnya anak muda yang menggunakan model jilbab yang hanya menutup seluruh bagian rambut kepala hingga telinga saja, karena lebih praktis untuk digunakan. Namun, pada kenyataannya model seperti ini tidak sesuai dengan ketentuan menggunakan hijab/jilbab seperti apa yang diajarkan dalam Islam. Yang tidak sesuai yakni, bagian leher serta dada yang nampak/tidak tertutupi padahal dalam ajaran Islam dijelaskan bahwa menggunakan jilbab yang benar haruslah menutupi seluruh bagian badan kecuali muka dan telapak tangan. Hal tersebut sama saja dengan “memakai hijab/jilbab tetapi telanjang”.

Tetapi disisi lain semua kembali kepada diri kita masing-masing, apa niat kita sebagai kaum muslimah menggunakan hijab ini karena hati dengan niat Allah Ta’alla atau hanya ingin mengikuti trend yang agar terlihat cantik seperti melihat para artis, eksekutif, profesisional dan orang yang dianggap sebagai panutan tetapi hati nya belum bersih. Maka hijab trend ini ada memberikan aspek postif ataupun negative. (Red.SI)

 

 

 

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top