Bupati Halmahera Selatan: Kita Akan Kembangkan Kawasan Wisata Di Pulau Widi

Bupati Halmahera Selatan: Kita Akan Kembangkan Kawasan Wisata Di Pulau Widi

290 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Labuha,  Bupati Halmahera Selatan H. Bahrain Kasuba didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Nurlela Muhammad lakukan Kunjungan Kerja (Kuker) Di Desa Gane Luar Kec. Gane Timur Selatan dalam rangka Sosialisasi tentang Pengembangan Kawasan Wisata Pulau Widi kepada Masyarakat Desa Gane Luar Kec. Gane Timur Selatan yang juga dihadiri Camat Gane Timur Selatan dan CEO PT. Leadership Islands Indonesia Natalia Perry. Sabtu, (19/01/19).

Dalam sambutannya, Bupati Halsel Bahrain Kasuba, berharap Masyarakat Halsel khususnya di Kecamatan Gane Timur Selatan dapat menjaga keamanan dan kenyamanan di daerah ini sebagai bentuk kepedulian terhadap Bumi Saruma.

“Semoga ini bisa menjadi perhatian dan tidak sekedar formalitas di forum ini, tetapi tunjukan bahwa inilah kami untuk bisa membantu masyarakat meningkatkan ekonomi di sekitar Wilayah Halsel terutama di Gane Timur Selatan.

Pada kesempatan yang sama, Mrs Natalia selaku CEO PT. Leadership Islands Indonesia menyampaikan bahwa Widi memiliki hutan yang luar biasa dan kekayaan laut yang sangat besar, sehingga akan dikembangkan agar dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Widi adalah satu dari sekian kepulauan di dunia yang menjadi rumah terakhir bagi sejumlah hewan yang akan punah, maka saya sangat sedih melihat di bagian Timur Pulau Widi banyak sekali ikan hiu dan penyu yang dibunuh tetapi bukan dari Warga Gane Timur, sehingga penting bagi saya untuk menjaga Pulau Widi”, tandasnya

Natalia juga mengatakan dirinya akan mengembangkan Pulau Widi dengan membangun Eko Resort yang bertujuan untuk melindungi hutan, tanaman, hewan laut dan ekosistem serta memberikan pelatihan kepada Masyarakat Halsel khususnya Gane Timur untuk mendapatkan pekerjaan di Eko Resort yang nantinya dibangun dan juga mendapatkan akses pelatihan pendidikan serta peningkatan sumber daya manusia agar lebih maju.

“Selain itu, Masyarakat juga bisa bergabung sebagai tenaga kerja di Eko Resort tersebut. Saya berharap masyarakat dapat tetap melakukan aktifitas memancing di Pulau Widi dan tidak ada larangan selama masih menggunakan alat mancing yang sesuai dan tidak melakukan pengrusakan atau pengeboman ikan”, pungkas Natalia.

Lanjut Natalia, saya juga sekarang bekerja dengan USE atau bantuan dari Badan Amerika yang membantu keuangan pelestarian sumber daya konservasi ekosistem di Pulau Widi.

Natalia berharap masyarakat yang memancing dapat bekerjasama guna menjaga kelestarian laut di Pulau Widi dan sebagai kawasan hutan lindung, masyarakat dihimbau untuk tidak melakukan penebangan pohon.

“Pulau Widi akan segera dibangun mulai besok tepatnya 20/01-2019 dan dalam waktu 8 bulan kedepan, sudah akan jadi untuk di operasionalkan dan saya akan membawa tamu terkenal atau orang penting dunia untuk datang ke Pulau Widi bahkan sejumlah artis mancanegara, jadi Pulau Widi akan dikembangkan sebagai pulau yang akan didatangi sejumlah orang yang akan mempengaruhi berbagai macam perubahan global di dunia serta berkontribusi bagi kesejahteraan masyarakat setempat, jadi saya akan bekerjasama secara intens dengan Bupati dan Jajaran Pemerintah Halsel serta Masyarakat Gane Timur untuk menjalankan program di Pulau Widi”, tutup Natalia

Sementara itu, Nurlela Muhammad selaku Ketua Tim Penggerak PKK menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini yang dicari oleh Masyarakat Halsel, dimana ada pemberdayaan ibu-ibu, anak-anak dan Bapak-bapak.

“Untuk pemberdayaan masyarakat salah satu program PKK dengan PKK Desa untuk melakukan keterampilan seperti membuat souvenir dengan menggunakan bahan alam. Ini yang perlu ditingkatkan sehingga ketika ada tamu dari luar bisa ditunjukan kemudian hasilnya bisa membantu perekonomian keluarga”, jelas Nurlela

Kadis Pendidikan ini juga berharap Para Ibu dapat berperan penting membantu suami sehingga memberikan nilai manfaat bagi keluarga. (Bur)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY