Cegah DBD, Dinas Kesehatan Kota Tebing Tinggi Gelar Jum’at Bersih Bersama Masyarakat...

Cegah DBD, Dinas Kesehatan Kota Tebing Tinggi Gelar Jum’at Bersih Bersama Masyarakat Setempat

153 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Tebing tinggi, Kepala Dinas kesehatan Tebing tinggi dr. Nanang Fitra Aulia Sp.PK bersama staf dinkes gelar gotong royong dikelurahan tebingtinggi lama kecamatan tebing tinggi kota, jum’at 15/01-19.

Menurut beliau,  bahwa bergotong royong ini merupakan suatu kegiatan yang dilakukan seriap hari jum’at yang disebut jum’at bersih yang dilakukan secara berpindah pindah tempat sebagai motivasi kepada masyarakat agar bersama-sama ikut menjaga kebersihan pekarangan dilingkungannya masing-masing.

Dengan begitu, kegiatan gotong royong ini yakni membersihkan pekarangan rumah, dan parit parit, untuk menjaga agar tidak berkembang biaknya sarang nyamuk aedes aegepti dan nyamuk bopietus.

Jenis nyamuk ini menghisap darah manusia  berkali kali sampai ia kekenyangan, sehingga jika seseorang terkena gigitannya akan mengalami gejala demam berdarah dan mampu menularkan virusnya kepada orang lain

Karena nyamuk jenis ini membawa virus dengue, diantaranya DEN 1,2,3 dan DEN 4, sifat nyamut ini multiple feeding yakni  dapat meningkatkan resiko penularan demam berdarah (DBD) yang dapat menularkan virusnya kepada lebih dari satu orang.

Hal ini sering terjadi diwilayah yang padat jumlah penduduknya, perlu sekali diketahui bahwa jenis nyamuk ini suka bersarang di Wadah / tempat yang ada airnya, nyamuk ini meletakkan telur telur / jentik jentiknya untuk berkembang biak, jika terlihat jentik  jentik nyamuk didalam air yang jernih bergerak dari bawah keatas maka itulah nyamuk dengue dan segeralah membersihkanya dengan menguras air tersebut, yakni guna mencegah berkembang biaknya nyamuk aegue tersebut.

Bapak Presiden, berharap bagai mana masyarakat ikut berperan aktif  dalam ikut memberantas sarang nyamuk, selain melakukan tindakan 3 M, yang pada prinsipnya kita berupaya semaksimal menurunkan angka kasus DBD di Tebing Tinggi.

Hal ini juga merupakan instruksi dari Wali Kota Tebing Tinggi H.IR.Umar Zunaidi Hasibuan MM, untuk tetap berprilku hidup sehat yang dimulai dari diri sendiri keluarga lingkungan apalagi kita bersama-sama ingin menciptakan Tebing Tinggi sebagai Kota Sehat ujarnya, seraya menginstruksikan kepada seluruh UPTD puskesmas untuk ikut serta melakukan sosialisai kepada masyarakat yang padat penduduknya.

Para petugas kami di Puskesmas sudah turun kelapangan secara langsung memberikan sosialisasi tentang pencegahan DBD dan mengenal tanda-tanda  yang terserang DBD, agar masyarakat dapat mengetahui lebih dini dan cepat mengambil tindakan membawa ke Puskesmas atau Rumah Sakit, ujarnya. (Julian. A.Chan)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY