Pelantikan Kades Di Halsel, Terkesan Pilih Kasih

Pelantikan Kades Di Halsel, Terkesan Pilih Kasih

879
0
BERBAGI

Suara Indonesia News – Labuha,  Setelah sempat tertunda,  sebanyak 36 Kepala Desa dari 59 Kades terpilih, resmi di lantik dan diambil sumpah jabatannya.  Pelantikan kepala desa, dipimpin langsung Bupati Kabupaten Halmahera Selatan,  Bahrain Kasuba, bertempat di Aula Sekretariat Kantor Bupati pada Senin malam (28/01/2019).

Meski berjalan lancar namun pelantikan yang berlangsung khitmat ini, mendapat protes dari sejumlah Kepala Desa yang namanya tidak masuk dalam daftar pelantikan tahap pertama, kepala desa yang tidak dilantik mengaku kecewa karena menilai ada kesan pilih kasih yang dilakukan Bupati Bahrain Kasuba. Pasalnya sesuai arahan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Halsel meminta seluruh Kades yang berjumlah 59 orang untuk hadir dalam acara pelantikan, namun belakangan hanya 36 Kades saja yang dilantik.

“Torang sudah datang jauh jauh ternyata belum dapat giliran pelantikan,  mestinya jauh sebelumnya di kasih kabar agar para Kades tahu kalau sudah begini mau gimana lagi. “ungkap sejumlah Kades dengan nada kesal kepada Posko Malut.

Menanggapi hal ini Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Halsel,  Bustamin Soleman, menjelaskan bahwa 36 Kades yang dilantik Senin malam (tadi malam red) adalah Desa yang tidak masuk dalam sengketa Pilkades. “Jadi pelantikan tahap pertama ini khusus Kades terpilih yang tidak bersengketa, sedangkan sisanya meski sudah ada putusan tapi pelantikannya masuk pada tahap kedua yang rencana akan dilaksanakan pada bulan Februari mendatang. “ujar Bustamin Soleman.

Ia membantah ada kesan pilih kasih dalam pelantikan Kades terpilih, menurutnya seluruh Kades terpilih yang belum di lantik pada tahap pertama akan di ambil sumpah jabatanya pada pelantikan tahap kedua bulan Februari.

“Tidak ada masalah semuanya akan dilantik hanya saja bertahap.”katanya. Berikut ke 36 Kades yang sudah dilantik yakni,  Kades Sagawele,  Wooi,  Waigitang, Gorup,  Dauri, Kyowor,  Dalam, Gambaru, Soligi, Mano, Talaphon, Sebelei, Pigaraja, Madapolo,  Madapolo Barat, Gilalang, Alam Pelita,  Soasangaji, Jikohai, Manatahan,  Jikotamo,  Kou Bala Bala, Jaret,  Bajo,  Modayama,  Tanjung Obit,  Bobo, Tawabi,  Kokotu,  Akelamo Fida,  Kukupang,  Geti Lama dan Desa Marabose. (Bur)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY