Sejumlah Kades di Halsel, Diduga Biayai Baliho Sala-Satu Caleg

Sejumlah Kades di Halsel, Diduga Biayai Baliho Sala-Satu Caleg

210 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Labuha, Sejumlah Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Halmahera Selatan,  diduga terlibat politik praktis dengan memfasilitasi pembuatan Baliho dan spanduk milik salah satu Calon Legislatif (Caleg) Provinsi Maluku Utara, daerah pemilihan (Dapil) Halsel asal Partai PKPI nomor urut 4 atas nama Ikram M. Nur, yang mana sumber anggaran yang di gunakan, diduga berasal dari Dana Desa (DD).

Tindakan nekat  ini dilakukan para Kades karena oknum Caleg Ikram M. Nur merupakan orang dekat Bupati Bahrain Kasuba. Selain itu juga memiliki andil kuat dalam mengatur pemerintahan  Bahrain Kasuba – Iswan Hasjim (BK – IS). Berdasarkan  hasil investigasi yang dilakukan Posko Malut di sejumlah percetakan, baliho di kota Labuha dan sekitarnya menyebutkan bahwa Baliho milik Caleg DPRD Provinsi Ikram M. Nur, dicetak dan dibiayai oleh para Kepala Desa (Kades).

” Iya benar ada beberapa Kades dorang datang cetak Balihonya Ikram. M. Nur disini dan langsung bayar jadi sudah lunas. “ujar salah satu petugas percetakan berinisial ZI kepada wartawan Sabtu pekan kemarin (26/01/2019).

Meski mengetahui namun ZI mengaku tidak mengetahui pasti nama Kades dimaksud. “Kalau nama dan asal Kades kami tidak tahu, dari mana, tapi yang pasti dorang ada beberapa kali  datang cetak Baliho Ikram.”singkatnya.

Sementara itu Caleg DPRD Provinsi Malut Dapil Halsel asal Partai PKPI nomor urut 4 Ikram M. Nur, saat dikonfirmasi beberapa kali melalui nomor Handphonenya 081241479842 tidak di angkat, begitu juga dengan pesan singkat (SMS) yang dilayangkan juga tidak di balas.

Menanggapi kasus ini Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Halsel Rais Kahar, mengaku hingga saat ini pihaknya belum mendapatkan laporan resmi. “Torang dengarnya begitu tapi laporan resminya belum ada.”kata Kahar.

Meski begitu ia mengaku ada strategi khusus dari rekan rekan penyelenggara di tingkat bawah untuk mendapatkan informasi dan data tersebut untuk kemudian ditindaklanjuti.

Sementara itu Ketua Dewan Pimpinan Kabupaten (DPK) PKPI Halsel,  Bahrain Kasuba saat dikonformasi kepada sejumlah wartawan Senin (28/01/2019) mengatakan bahwa apa yang dilakukan itu adalah Oknum dan bukan secara institusi, meskipun itu terjadi, namun laporan saya belum terima. “Saya belum terima laporan tapi kalau itu ada oknum Kades yang cetak baliho mungkin saja dia lagi berbaik hati sehingga di fasilitasi.”cetus Bahrain.   (Bur)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY