Masyarakat Desa Buluh Manis Bentuk Forum Peduli Jalan Rangau

Masyarakat Desa Buluh Manis Bentuk Forum Peduli Jalan Rangau

615 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Duri Jalan Rangau menuju Jurong sampai saat ini belum ada kejelasan tentang status jalan, di mana status jalan ini masih tarik menarik kepentingan.

Disatu sisi dinyatakan jalan ini sudah diserahkan status milik Provinsi Riau, dilain sisi, Pemerintah Provinsi Riau menjelaskan belum menerima surat serah terima status jalan tersebut.

Saat ini jalan tersebut keadaan memprihatinkan, dimana kondisi sulit untuk di lalui, bila hujan berlumpur, bila panas debu pun berterbangan hingga membuat sesak nafas dan mata perih.

Kondisi ini membuat masyarakat setempat mengeluhkan keadaan jalan yang memperhatinkan serta berharap kepada pihak perusahaan serta pemerintah Desa Buluh Manis dan Desa Petani dapat mencari solusi.

Terkait dengan apa yang dikeluhkan masyarakat, Kepala Desa Buluh Manis Legimun kepada media ini menyampaikan bahwa Ia tidak diam serasa ikut prihatin dan berupaya maksimal mencarikan solusinya.

“Sembari menunggu kejelasan status jalan, kita terus berupaya mencarikan solusi agar jalan Rangau – Duri yang menuju Jurong ada perbaikan,” sebut Kepala Desa Buluh Manis Legimun. Jumat (14/10/2022).

Untuk mengupayakan perbaikan kerusakan jalan Rangau yang membelah dua Desa, antara Desa Petani dan Desa Buluh Manis di Kecamatan Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis yang saat ini terlihat sangat memprihatinkan.

Menurut Legimun, masyarakat di dua desa tersebut sudah ada musyawarah sekaligus sepakat membentuk satu forum bernama Forum Peduli Jalan Rangau.

“Saat itu, musyawarah dilaksanakan di Balai Pertemuan Desa Buluh Manis, dihadiri Kades Petani Rasikun ,Kades Buluh Manis Legimun , Dinas Perhubungan, pihak PT Pertamina Hulu Rokan (PHR), serta perwakilan dari beberapa perusahaan juga hadir para tokoh masyarakat, Ninik mamak, pemuda dan juga Bhabinkamtibmas, Babinsa dan juga perwakilan dari Kapolsek Mandau, tentu ini bagian dari upaya kita bersama dan bentuk peduli kita terhadap kondisi jalan,” jelas Legimun.

Satu hal yang dipandang perlu, diteruskan Kepala Desa Buluh Manis ini, Musyawarah menghasilkan Forum Perawatan Jalan Rangau Duri – Jurong yg diketuai oleh Sdr. Masrianto dan Sdr. Suwardi yang tujuannya untuk mengkoordinir perawatan Jalan Rangau – Jurong tersebut.

Dijelaska Legimun, hasil musyawarah menelorkan kesepakatan tentang tugas dan fungsi Forum Perawatan Jalan Rangau.

Pertama – Forum di ketuai oleh Masrianto dan Suwardi tujuannya untuk mengkoordinir perawatan jalan.

Ke Dua – Forum tersebut berlaku sampai dengan Pemprov Riau melakukan pengerjaan/pengaspalan jalan.

Ke Tiga – Forum tersebut hanya akan menerima bantuan kontribusi perusahaan berupa material, alat dan tenaga pengerjaan.

Ke Empat – Material akan di supply oleh perusahaan swasta yang ada ataupun melintasi Jl. Rangau Desa Buluh Manis – Desa Petani Kec. Bathin Solapan, sedangkan alat dan pengerjaan dari PT. PHR.

Ke Lima – BA pembentukan Forum Perawatan Jalan Rangau Duri – Jurong akan segera dibuat dan diberi SK 2 Desa Petani dan Buluh Manis yang selanjutnya akan membentuk kepengurusan serta membuat surat pemberitahuan kepada seluruh perusahaan swasta yg ada ataupun melintasi Jl. Rangau Desa Buluh Manis – Desa Petani Kec. Bathin Solapan untuk berkontribusi dalam perawatan Jalan Rangau.

Ke Enam – Untuk Perusahaan swasta yg tidak mau memberi kontribusi perawatan jalan, akan diberi sanksi sesuai pembahasan di forum.

“Itu beberap Item yang telah disepakati melalui musyawarah tentang pembentukan Forum tersebut,” tutup Legimun. (Mus)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY