Bupati Konawe Buka Acara Jambore Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tingkat Kabupaten Konawe

Bupati Konawe Buka Acara Jambore Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tingkat Kabupaten Konawe

1,269 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Konawe. Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa, memimpin upacara sekaligus membuka acara Jambore Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tingkat Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara tahun 2022, bertempat dihalaman Bumi Perkemahan Konggoasa, Kecamatan Amonggedo, Kabupaten Konawe. Kamis (19/05-2022).

Selain dihadiri oleh Bupati Konawe Kery Syaiful Konggoasa selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Konawe, juga turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Konawe Dr. Ferdinand Sapan, SP, MH, Pimpinan OPD Kabupaten konawe, Camat, Tokoh masyarakat dan peserta Pramuka Kwartir Cabang.

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa dalam sambutannya menyampaikan, sebagaimana amanat UU nomor 12 tahun 2010 tentang gerakang pramuka, bahwa gerakan pramuka bertujuan untuk membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertaqwa, berahklak mulia, berjiwa patriot, taat hukum, disiplin dan menjunjung tinggi nilai nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasilaserta melestarikan lingkungan hidup.

Lanjut Bupati Konawe, gerakan pramuka merupakan suatu sistim pendidikan nonformal yang membantu dan melengkapi pendidikan formal. Gerakan pramuka juga wahana penting untuk membentuk karakter dan kepribadian nasional bagi generasi muda bangsa.

Gerakan pramuka juga sebagai tempat untuk menempah keterampilan dan pengetahuan, memupuk jiwa disiplin dan membina semangat kebersamaan bagi para anggota organisasi Pramuka ini. Kita dapat belajar berbagai keterampilan yang tidak didapat di bangku sekolah, ujar kerry.

Bupati Konawe juga mengatakan, Dalam Era globalisasi saat ini yang penuh dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, manusia tetap merupakan faktor penentu yang paling utama. Untuk itulah, kita ingin membangun manusia yang memiliki karakter dan watak yang kuat, menciptakan generasi muda yang tangguh kepribadiannya, luhur budi pekertinya, hidup dalam kerukunan, kekompakan serta selalu bersatu dan menjunjung kesatuan dan persatuan. Bahwa gerakan pramuka merupakan sebuah wahana yang penting dalam hal membentuk suatu karakter atau kepribadian yang nasional bagi generasi bangsa ini.

Kami berharap dengan adanya kegiatan jambore cabang ini dapat membentuk pramuka yang sesuai dengan nilai nilai yang tercantum dalam Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka. Ia juga menuturkan bahwa dalam sebuah gerakan pramuka yaitu tempat dimana menempa sebuah keterampilan, pengetahuan serta memupuk jiwa disiplin dan bagaimana membina kekompakan dalam anggota.

Melalui kegiatan jambore cabang tahun 2022 ini, disamping merupakan pelaksanaan perogram kerja pengurus kwartir cabang, juga merupakan salah satu bukti nyata tidak adanya perlakuan yang berbeda diantara gugus depan. Jadikan ini sebagai modal bagi terciptanya kerukunan harmoni dalam kemajemukan bangsa melalui berbagai kegiatan yang berkesinambungan mulai dari tingkat Gugus Depan, Tingkat Ranting, Tingkat Cabang, Tingkat Daerah dan Tingkat Nasional. Tutup Bupati Konawe. (Red SI/YT)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY