Demam Malaria dan DBD Masih Terus Berlanjut di Wilayah Kepulauan Batu

Demam Malaria dan DBD Masih Terus Berlanjut di Wilayah Kepulauan Batu

521 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Pulau Tello. Sudah hampir satu bulan ini, sejak bulan agustus 2024, wilayah kecamatan pulau-pulau batu, pulau tello, Nias Selatan, kembali lagi dilanda wabah Demam Malari dan DBD yang mengakibatkan sejumlah pasien membuludak  dirawat di UPTD puskesmas pulau tello postif terpapar penyakit DBD (Demam berdarah), sebagian juga dirujuk di rumah sakit yang ada di kabupaten Nias Selatan untuk perawatan khusus. (02/09/2024)

Sampai saat ini Seluruh Tim terpadu tanggap darurat  bencana non alam yang telah di bentuk untuk penanganan KLB  Malaria dan DBD yang terdiri dari berbagai unsur  dan masih trus bekerja ektra  keras diwilayah kecamatan pulau-pulau batu untuk mengendalikan dan memumutus mata  rantai penularan penyakit Demam Malaria dan DBD.

Sudah hampir dua minggu ini seluruh Tim Satgas masih bertahan di lapangan di pulau tello,bahkan  sampai hari ini sejumlah obat-obatan serta tenaga medis  serta dokter telah di datangkan diwilayah kecamatan pulau-pulau batu.

Pihak awak media mencoba mengkonfirmasi kepada  Pimpinan kecamatan pulau-pulau batu dalam hal ini Pak Camat K Wau, membenarkan bahwa sampai saat ini bencana non alam KLB wabah  Malaria dan DBD   masih terus berlangsung,menurut Beliau sejumlah upaya baik dari  pemerintah kecamatan  yang berkolaborasi dengan Tim terpadu tanggap darurat bencana non alam yang telah di bentuk oleh pemerintah kabupaten Nias Selatan terus aktif dan bekerja.

Dalam penuturan Beliau, Tim terpadu Tanggap darurat bencana Non alam KLB malaria dan DBD ,bersama pemerintah kecamatan telah melakukan berbagai upaya untuk memutus mata rantai kejadian luar biasa ini bencana non alam wabah Malaria dan DBD serta telah berusaha untuk mengendalikan naik jumlah pasien  yang terjangkit, sesuai  arahan dari kemenkes RI

Salah satunya melakukan pembesihan lingkungan di setiap desa, melakukan fogging, serta melakukan penaburan bubuk abate di lokasi yang terindikasi tempat bersarangnya jentik nyamuk pembawa bibit penyakit yang sedang mewabah ini, serta pembagian sembako bagi keluarga yang terjangkit, serta pemberian asupan gizi serta terus melakukan himbauan kepada masyarakat serta pihak dari tim terpadu tanggap darurat  terus melakukan kajian dan penelitian disetiap lokasi dimana terdapat  jentik nyamuk.

Pemerintah juga telah bekerja sama dengan Rumah sakit tello untuk mengantisipasi jika ada lonjakan pasien maka bisa dirawat di rumah sakit tello jika sewaktu-waktu kapasitas puskesmas tello penuh, seluruh peralatan telan di stand by di lokasi.

Meskipun upaya pemerintah  terus berjalan, lewat pemberitaan ini Beliau menghimbau  seluruh masyarakat agar bisa kita patuhi bersama himbauan yang telah kita edarkan di setiap desa, serta mengajak seluruh  lapisan  masyarakat untuk ikut bekerja sama  dalam penanganan musibah ini,agar terus meningkatkan kesadaran pola hidup sehat, seperti menjaga kebersihan lingkungan lewat kegiatan gotong royong di lingkungan masing-masing , pungkas Beliau mengakhiri penuturanya.

Hal yang senada juga di sampaikan oleh salah satu pemuda kepulauan batu Bung RD berkata sebagai bagian dari masyarakat kepulauan batu, pertama sekali mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh Tim terpadu tanggap darurat  KLB Malaria  dan DBD yang telah turun di kepulauan batu, juga berterima kasih pemerintah kabupaten Nias selatan dan pemerintah kecamatan atas respon yang baik serta pelayanan  serta segala upaya yang telah di lakukan selama KLB non alam ini berlangsung.

Harapan kita semoga tim terpadu tanggap darurat agar fokus juga melakukan fogging serentak dan berkesinambungan di setiap desa dan menurut pengamatan kita sepertinya pembagian kulambu per KK serta pembagian bubuk abate di tiap rumah terutama di pulau-pulau sepertinya masih kurang, semoga pemerintah pusat lewat kemenkes RI  bisa mengirimkan bantuan sesegra mungkin.

Beliau mengajak masyarakat untuk terus ikut berpartisipasi dalam Penanganan wabah ini, karna tanpa kerja sama yang baik antara  kita semua pihak (pemerintah dan masyarakat)  maka bisa sia-sia apapun yang kita usahakan Seraya kita berharap agar wabah ini cepat berlalu.

Adapun data sementara sampai hari ini tercatat dari Update data Malaria dan DBD dari dinas kesehatan kabupaten Nias selatan, Kasus  malaria dan DBD pertanggal 01/09/2024 tetap Puskesmas tello 8 orang dirawat, puskesmas Hibala 1 orang dirawat jalan. Total kasus malaria dari januari sampai dengan 01/09/2024 adalah 826 kasus dan untuk update kasus  DBD per 01/09/2024  jumlah dirawat 17 orang di puskesmas tello, sehingga total kasus DBD dari januari sampai 01 september 2024 adalah 328  kasus. (Feroni Dakhi)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY