Dukung Percepatan Penanggulangan Virus Covid-19, DPRD Konawe Minta Pemda Segera Membuat Rancangan...

Dukung Percepatan Penanggulangan Virus Covid-19, DPRD Konawe Minta Pemda Segera Membuat Rancangan Pergeseran Anggaran APBD TA 2020

1,139 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Konawe, Ketua DPRD Kabupaten Konawe H.Ardin,S.Sos.M.Si., pimpin rapat internal Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe –Sulawesi Tenggara, guna membahas langkah percepatan penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), dalam wilayah Kabupaten Konawe. Senin (13/4/2020).

Hadir dalam rapat internal DPRD Kabupaten Konawe yang membahas langkah penanggulangan dampak dari pandemi Corona di kabupaten konawe, Ketua DPRD H. Ardin, S.Sos.M.Si., didampingi  oleh Wakil Ketua I DPRD Konawe Kadek Rai Sudiani, Wakil Ketua II DPRD Konawe Rusdianto,SE.MM., dan dihadiri 18 anggota DPRD Konawe.

Ketua DPRD Konawe H. Ardin, S.Sos.M.Si., melalui Wakil Ketua II DPRD Konawe Rusdianto,SE.MM., mengatakan, dalam rapat internal tersebut secara kelembagaan DPRD Konawe meminta kepada Pemerintah Daerah untuk segera membuat rancangan pergeseran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebelum perubahan APBD TA 2020.

Dalam rapat internal DPRD tadi, pergeseran APBD ini harus segera dilakukan dalam rangka penanganan dampak pandemi Virus Corona di Kabupaten Konawe ini.

“Tadi kami rapat internal. Saya diminta oleh pak ketua menyampaikan ke media apa yang sudah diputuskan,” kata Rusdianto saat ditemui, Senin (13/4/2020).

Menurut Rusdianto, masyarakat konawe saat ini di himbau agar dapat membantu pemerintah daerah dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona di Konawe dengan tetap berada di rumah, jaga kebersihan, jaga jarak, hindari kerumunan dan membiasakan diri untuk cuci tangan.

DPRD Konawe memikirkan langkah penanggulangan dan dampaknya di masyarakat. “Terkhusus dalam mengantisipasi dampak kerawanan pangan di masyarakat konawe. Ini yang harus menjadi perhatian kita bersama,” ujarnya.

Terkait formulasi pelaksanaannya, lanjut Rusdianto, DPRD akan membicarakan lebih lanjut dengan Pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa bersama Wakil Bupati Gusli Topan Sabara.

“DPRD akan mendukung Pemerintah Daerah untuk mengalokasikan anggaran untuk menangani dampak yang ditimbulkan oleh pandemi ini,” tegasnya.

Untuk pelaksanaan di lapangan sebut Rusdianto, DPRD konawe akan turut mengawasi penanganan dan bantuan terhadap masyarakat akibat dampak Covid-19, untuk mencegah terjadi pemberian bantuan ke masyarakat yang tidak sesuai peruntukannya.

“Kita semua akan mengawasi pelaksanaannya, sehingga bantuan itu sampai kepada yang berhak menerima,” terangnya.

Terkait langkah antisipatif yang dilakukan Pemda Konawe dalam mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19 di Konawe, Politisi PDIP ini memberi apresiasi kepada pihak Pemerintah Daerah dan Aparat hukum di Konawe.

Menurutnya, apa yang telah dilakukan oleh Bupati dan Wakil Bupati (KSK-GTS) beserta jajarannya itu sudah maksimal. Sehingga penyebaran Virus Corona di Konawe dapat diminimalisasi.

“Pak Bupati, Pak Wakil Bupati bersama Tim Gugus Tugas telah berbuat yang terbaik, ini tentu harus kita dukung. Semoga Pandemi ini cepat berlalu dan kita semua bisa beraktivitas seperti biasa,” pungkasnya. (Red.SI/YT)

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY