Pemkab Konawe Launching Aplikasi SRIKANDI

Pemkab Konawe Launching Aplikasi SRIKANDI

276 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Konawe. Pemerintah Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, secara resmi melaunching aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI). yang berlangsung di salah satu Hotel di Konawe. (12/09-20024)

Launching aplikasi tersebut secara resmi di buka oleh Sekertaris daerah (Sekda) kabupaten Konawe DR. Ferdinand Sapaan, SP, MH, Launching tersebut dihadiri oleh kadis Perpustakaan dan Kearsipan Musakkir Alqifli, S.Kel, M.AP, Kadis Kominfo  Drs.H. Muh. Akib Ras, M.Si., Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan hewan Jumrin, S.Pt ,

Kadis Diknas Kab. Konawe Dr. Suriyadi, S.Pd., M.Pd. Kepala BNNK Kabupaten Konawe, dr. H. M. AGUS S. LAHIDA, MMR, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMD) Kabupaten Konawe Dahlan Sp., MM,. Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Konawe Suparjo, S.Kom, Camat Se Konawe serta berbagai unsur dan tamu undangan lainnya.

Sekda Kabupaten Konawe DR. Ferdinand Sapaan, SP, MH, mewakili Pj Bupati Konawe dalam sambutannya menyebutkan bahwa, melalui penerapan Aplikasi SRIKANDI proses administrasi tidak terbatas jarak dan waktu, dimana pun dan kapan pun proses administrasi dapat dilakukan.

“Saya berharap seluruh OPD, Kecamatan, Desa/Kelurahan serta seluruh komponen bersama-sama mewujudkan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir yang sudah berubah dari manual ke sistem digitalisasi,” katanya.

Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Konawe terus berinovasi untuk meningkatkan kualitas layanan dalam bidang Pengelolaan Arsip Dinamis. Sebagai langkah nyata untuk mencapai tujuan tersebut, Bidang penyelenggaraan kearsipan mengadakan kegiatan “Sosialisasi Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi ” atau lebih dikenal dengan aplikasi ‘SRIKANDI’.

Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Musakkir Alqifli, S.Kel, M.AP, sebagai ketua penyelenggara dalam acara Launcing mengatakan, dalam rangka percepatan penerapan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) seperti yang diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik dan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 679 Tahun 2020 tentang aplikasi umum bidang kearsipan dinamis,

Maka Pemerintah Kabupaten Konawe berkomitmen untuk dapat menerapkan aplikasi SRIKANDI yaitu Sistem informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi, katanya.

Aplikasi SRIKANDI terangnya sebuah aplikasi pengelolaan arsip dinamis yang didasarkan pada Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem PemerintahanbBerbasis Elektronik (SPBE). Aplikasi ini merupakan hasil kolaborasi yang erat antara Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasin Birokrasi (PANRB), Kementerian Komunikasi dan Informatika, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), serta Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Selanjutnya Musakkir Alqifli, S.Kel, M.AP menyampaikan bahwa tujuan launching aplikasi SRIKANDI adalah sebagai langkah upaya bidang kearsipan dalam mendukung percepatan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) di Kabupaten Konawe.

“Pelaksanaan Launching Aplikasi SRIKANDI adalah Kolaborasi antara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dan Diskominfo, ” ucapnya.

lanjut Musakkir Alqifli, S.Kel, M.AP, acara sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang fitur-fitur dan manfaat aplikasi Srikandi kepada para pegawai dan staf yang terlibat dalam pengelolaan arsip di berbagai Perangkat daerah di Kabupaten Konawe. Dengan Srikandi diharapkan proses pengasijpan dan pencarian data akan menjadi lebih efisien, akurat, dan terorganisir.

Pemerintah daerah bersama-sama dengan berbagai pihak terkait, berkomitmen untuk memajukan bidang arsip, terutama dalam menghadapi perkembangan teknologi informasi. Melalui Srikandi, Kabupaten Konawe siap untuk mengikuti tren kearsipan modern dan mewujudkan pengelolaan arsip yang lebih efektif sehingga good governance/FIN, tutup Musakkir Alqifli. (Red)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY