Pj Bupati Konawe Hadiri Perayaan 50 Tahun Masuknya Umat Katolik dari Bali...

Pj Bupati Konawe Hadiri Perayaan 50 Tahun Masuknya Umat Katolik dari Bali di Unaaha

442 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Konawe. Pj Bupati Konawe, Sulawesi Tenggara, Dr.H.Harmin Ramba,SE.MM., menghadiri undangan Perayaan 50 Tahun masuknya umat katolik dari Bali di Unaaha, bertempat di Desa Sendang Mulia Sari, Kabupaten Konawe. (18/07-24)

Turut hadir dalam acara tersebut, Mewakili Kapolres Konawe, Kajari Konawe, Ketua Pengadilan Unaaha, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Konawe, serta tamu undangan lainnya.

Pj Bupati Konawe Dr.H.Harmin Ramba,SE.MM., dalam sambutannya mengatakan, Syukur Alhamdulillah kita panjatkan kehadirat Allah SWT dan semoga kegiatan ini mendapatkan berkah dari Tuhan Yang Maha Esa. Saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang begitu besar kepada panitia acara yang telah mengundang kami untuk hadir ditempat ini,

Saya juga selaku Pimpinan Daerah mengucapkan terimah kasih kepada Pastor yang telah benar – benar menjaga tolaransi antar umat beragama kita di Konawe ini. Syukuralhamdulillah tadi saya mendengar pengalaman sejarah perihal kedatangan warga katolik bali ke Unaaha melalui program transmigrasi dari pemerintah Pusat pada tahun 1974, saat itu yang penuh dengan perjuangan.

Tahun 1974 saya hitung kira –kira saya baru kelas 3 SD, saya belum terlalu tau dengan Unaaha ini. Lanjut Harmin, pada tahun itu saya paling melintas ikut orang tua ke Abuki memang daerah ini memang masih daerah hutan. Termasuk kantor pemda sekarang itu merupakan padang ilalang, yang saya tau itu dulu kalau kita lewati itu adalah posko 723  kalau kita lewati kita diperiksa. Dengan berkembangnya Daerah kita Alhamdulillah dari yang tadinya gereja dari gubuk 3X6 m, terus berkembang menjadi Grejah yang cukup megah, ucap Harmin Ramba.

Lanjut Harmin, kita patut bersyukur umat katolik bali yang berada di Unaaha khususnya sudah jauh lebih sejahtera, apa yang tadi disampaikan oleh Pastor memang rasa bersyukur yang paling penting. Dalam Umat Islam juga, Syukur sangat ditekankan sebagai bentuk ibadah dan kesadaran akan kebesaran Allah SWT.

Apa yang telah disampaikan Pastor tadi Perayaan 50 Tahun dengan Tema ‘Hendaklah Terangmu Bersinar’, umat katolik ini walaupun minoritas, walaupun dia lilin alhamdulillah dia dapat memberikan penerangan yang begitu besar di Konawe ini, yang mengandung makna memberikan penerangan bagi umat katolik, memberikan penerangan bagai mana toleransi beragama dalam kehidupan, bagai mana meningkatkan kesehjahteraan, bagai mana meningkatkan hubungan kita dengan Pemerintah dan ini yang paling penting, tutup Pj Bupati Konawe.

Sementara itu ketua panitia pelaksana Perayaan 50 Tahun masuknya umat katolik dari Bali di Unaaha  mengatakan, kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Konawe dan jajarannya dan masyarakat konawe dalam mendukung dan saling meghargai dalam tolernasi beragama,

Rangkaian perayaan 50 tahun masuknya umat katolik dari bali ke Kabupaten Konawe ini, kami pihak panitia menerima bantuan dana dari Pemda konawe dan sumbangan umat, tak lupa kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua. (Red SI)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY