Tingkatkan Kapasitas Fungsi Aparatur, Perangkat Desa Se Kecamatan Lambuya Ikuti Pelatihan

Tingkatkan Kapasitas Fungsi Aparatur, Perangkat Desa Se Kecamatan Lambuya Ikuti Pelatihan

602 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Kendari. Perangkat desa se-kecamatan Lambuya, Kabupaten Konawe. Pada minggu, 16/7/2023, menggelar pelatihan peningkatan kapasitas perangkat desa tahun anggaran 2023 yang dimulai pada tanggal 16 sampai 18 Juli 2023. Bertempat di hotel plazainn kendari.

Pelantihan tersebut diharapkan agar kedepan pemerintah Desa se-kecamatan lambuya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sehinga dapat mendukung penyelengaraan pemerintah desa termaksud dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsi aparatur pemerintah desa, dengan mengacu pada dasar-dasar hukum dan undang-undang yang ada.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kadis PMD kabupaten Konawe, Keniyuga Permana, S. STP. MAP.Camat Lambuya Ulil Amrin, SE. A.MP. koordinator tenaga ahli PMD Konawe. Nirwan, SE. Tim Narasumber peningkatan kapasitas perangkat desa dari PMD Konawe Asrudin. SE.

Ketua Panitia kegiatan Asrianto, S.Si., menuturkan, dimana pemerintah merupakan garda terdepan yang mampu memberikan pelayanan terbaik yang bersentuhan langsung di masyarakat, dimana aparatur desa, harus memiliki pemahaman dan tanggung jawab penuh terhadap masyarakat.

Selain itu, kegiatan ini guna untuk dapat memahami kelembagaan desa serta dapat memahami teori dalam mencapai pembangunan desa. ungkap Kades Awuliti.

Lanjut Asrianto, adapun peserta yang mengikuti pelatihan kapasitas desa sebanyak tujuh desa, dan masing-masing desa mengutus aparat desa sebanyak 17 orang perdesa, Terdiri dari kepala desa, sekertaris desa, kepala urusan, kepala seksi, kepala Dusun dan RT.

Sementara itu, Camat Lambuya, ulil Amrin, saat memberikan sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan suatu kebahagian bagi kami, karena sejak saya dilantik menjadi camat, baru yang pertama berhadapan langsung semua aparatur desa se-kecamatan Lambuya.

“Mari kita mengikuti kegiatan ini, sehingga kita dapat mengetahui fungsi dan tanggung jawab masing-masing sebagai aparatul desa”, ucap Camat lambuya.

Lanjut camat lambuya, kepala desa dan aparatur desa kedepannya agar selalu kompak menjaga keharmonisasi dalam menjaga tugas dan foksi diwilayah desa masing-masing,

Selain itu Kepala desa dan perangkatnya desa mempunyai tugas berat dalam menjalankan roda pemerintahan di tingkat desa. Saat ini, Desa dituntut mampu mengelola anggaran pemerintah yang nilainya cukup besar, Sehingga Kades dan perangkatnya mesti lebih meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dengan berbagai kegiatan pelatihan.

Ia berharap kedepan supaya yang berada di wilayah kecamatan Lambuya bagi aparatul desa mampu menjawab tantangan kedepannya, tutupnya. (Red SI)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY