KSK : Kades Terpilih Bakal “Digembleng” di SPN Anggotoa

KSK : Kades Terpilih Bakal “Digembleng” di SPN Anggotoa

1,766 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Konawe. Agenda pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Kabupaten Konawe bakal digelar Senin (31/10). jumlah keseluruhan peserta sebanyak 468 orang dan bersaing menjadi pemimpin di 168 desa.

168 kades terpilih nantinya bakal kembali dilantik oleh Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa. Namun sebelum diambil sumpahnya untuk menjadi pemimpin di desa masing-masing, para kades terpilih itu diwacanakan untuk mengikuti bimbingan teknis (bimtek) di Sekolah Polisi Negeri (SPN) Anggotoa.

Hal ini di sampaikan Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa dihadapan para calon kepala desa (cakades) saat penandatanganan deklarasi damai pilkades, Senin (24/10) lalu, di kantor pemerintah kabupaten (pemkab) Konawe. Menurut Bupati Konawe dua periode itu, tentunya tidak semua kades memiliki pengetahuan yang sama. Terlebih, mengenai pengelolaan keuangan desa yang nantinya menjadi tanggung jawab kades terpilih.

“Siap-siap kades terpilih kita gembleng di SPN Anggotoa. Pokoknya habis disitu kalian pelatihan, disitu juga saya langsung lantik,” ujar Kery Saiful Konggoasa.

Kery Saiful Konggoasa menyebut, masalah keuangan menjadi hal penting yang mesti dipahami oleh kades. Apalagi, setiap tahunnya pemerintah desa (pemdes) mendapat suntikan dana yang terbilang fantastis dari pemerintah. Baik itu Dana Desa (DD) yang ditransfer pemerintah pusat, ataupun Alokasi Dana Desa (ADD) yang diporsikan setiap tahunnya oleh pemerintah daerah (pemda). Mantan Ketua DPRD Konawe itu sesumbar, jika seorang kades tidak mempunyai mental yang bagus dalam mengelola duit negara tersebut, maka kemungkinan besar bisa terjadi penyalahgunaan penggunaan keuangan desa.

“Makanya saya mau ikutkan mereka bimtek di SPN Anggotoa. Nanti disitu diberi pelatihan oleh pihak pemkab Konawe serta TNI/Polri. Sebab jangan sampai ini anggaran di desa mereka pakai untuk memperkaya diri. Saya harap jangan ada kades yang seperti itu,” imbuh Kery Saiful Konggoasa. (Red SI)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY