Akses Jalan Konawe Ke Kolaka Terputus Akibat Abudmen Jembatan Penghubung Amruk Terlintas...

Akses Jalan Konawe Ke Kolaka Terputus Akibat Abudmen Jembatan Penghubung Amruk Terlintas Banjir

314 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Konawe, Curah hujan yang tinggi mengguyur  Kab.Konawe – Sulawesi Tenggara selama sepekan ini mengakibatkan meluapnya sungai konaweha. Luapan air sungai konaweha mengakibatkan bendungan wawotobi siaga banjir dan jembatan penghubung antara kab.Konawe menuju Kab.Kolaka tidak dapat dilalui kendaraan bermotor.

Jembatan ameroro merupakan satu – satunya jembatan penghubung lintas kabupaten, yang menghubungkan antara kab.konawe  menuju kab.kolaka timur dan kab.kolaka, saat ini tidak dapat digunakan untuk dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat. Akibat derasnya arus air sungai konaweha mengakibatkan abrasi sekitar abudmen jembatan yang mengakibatkan bibir jempatan terkikis arus air hingga setengah badan jalan.

Kapolres konawe AKBP Muh Nur Akbar, SIK yang ditemui dilokasi mengatakan, untuk sementara akses jembatan kita tutup untuk dilalui baik kendaraan roda dua maupun roda empat,  dikarenakan bibir jembatan hampir putus akibat gesekan arus sungai yang cukup deras. Untuk sementara arus lalulintas yang dari arah kab.kolaka – kendari kita alihkan melalui arah ke angata kab.konawe selatan, begitupun dengan arus lalulintas kendari – kolaka kita alihkan ke arah kab.konsel sampai menunggu instansi tehnik untuk melihat kondisi jembatan dan mengadakan perbaikan hingga jembatan dapat dilalui lagi kendaraan bermotor.

Pantauan media ini akibat derasnya arus air sungai, abudmen ujung jembatan hampir amruk dikarenakan abudmen bawah jembatan sudah terkikis arus mencampai setengah badan jalan tinggal menunggu ambruknya aspal yang menggantung di atas abudmen jembatan.

Masyarakat pengguna jalan sangat mengharapkan agar instansi terkait untuk segera mengambil langkah membenahi jembatan agar dapat digunakan kembali. (Red.SI)

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY