Bertemu Pj Bupati Bogor, Harmin Ramba Bahas Pembangunan Pabrik Pakan Ternak di...

Bertemu Pj Bupati Bogor, Harmin Ramba Bahas Pembangunan Pabrik Pakan Ternak di Konawe

209 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Bogor. Pj Bupati DR.H.Harmin Ramba, SE.MM., dan Pj Bupati Bogor, Asmawa Tosepu, A.P.M.Si., yang merupakan Dua putra terbaik asal Sulawesi Tenggara, gelar diskusi terkait rencana kerjasama pembangunan pabrik pakan ternak di Kabupaten Konawe. Senin (8/7/24)

Kedua Tokoh tersebut melakukan diskusi yang berlangsung di kantor Bupati Bogor. Ini bertujuan untuk membahas rencana kerjasama pembangunan pabrik pakan ternak yang nantinya diharapkan dapat membawa dampak positif bagi sektor peternakan dan perekonomian masyarakat Kabupaten Konawe.

Pertemuan kedua pejabat daerah asal Sultra ini, digelar usai keduanya mengikuti acara penyampaian laporan hasil pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) tahun 2023 dan ikhtisar hasil pemeriksaan semester II tahun 2023 di Jakarta.

Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba, mengatakan bahwa pertemuan dirinya dengan Pj Bupati Bogor, Asmawa Tosepu, dalam rangka membangun komunikasi terkait rencana pembangunan pabrik pakan ternak di Konawe

“rencana kerjasama ini, ada kaitannya dengan Konawe sebagai kota padi. Kabupaten Bogor ini memiliki pengalaman dibidang investasi sector pakan ternak, sehingga hasil diskusi dengan Pj Bupati Bogor cukup menarik”, ucap Harmin Ramba.

Inshaa Allah kita akan tindaklanjuti dalam pembahasan-pembahasantekhnis program kedepannya.Lanjut Harmin, kita sudah bahas terkait kunjungan kerja nanti bersama dinas terkait untuk membahas terkait dengan kerjasama pembangunan pabrik pakan ternak di konawe.

Terkait persiapan lahan, mantan camat abuki ini juga mengatakan, bahwa sebenarnya sudah ada persiapannya, karena rencana awal itu kita persiapkan sebagai kawasan industry pertanian yang diharapkan kawasannya bisa mencapai 300 hektar.

Lanjut Pj Bupati Konawe, didalam kawasan tersebut sudah termasuk pabrik pakan ternak serta pabrik beras dan lain sebagainya, sehingga ini menjadi konsep secara tekhnis kedepannya.

“jika nanti ini terealisasi, kiranya peternak kita di Konawe tidak harus mencari pakan ternak kemana-mana. Menurut informasi dari Pj Bupati Bogor bahwa pakan ini sangat murah dengan harga perkilonya sebesar Rp 2.500” ungkapnya.

Pakan ternak ini manfaatnya sangat besar terutama ternak pertumbuhannya lebih cepat dan sehat,” Kata Pj Bupati Harmin.

“insha Allah kerjasama terkait rencana pembangunan pabrik pakan ternak di Konawe secepatnya kita laksanakan penandatanganan perjanjian kerjasama tersebut”, tegas Harmin Ramba.

Ditempat yang sama, Pj Bupati Bogor, Asmawa Tosepu, mengakui bahwa Kabupaten Konawe memiliki potensi dari sector pertanian yang luar biasa, sehingga di momen ini mungkin Pemda Bogor bisa berkontribusi dalam pembangunan sector pertanian secara umum.

Di kabupaten bogor ini ada institute pertanian bogor yang merupakan perguruan tinggi yang focus dalam pemanfaatan lahan pertanian, salah satunya adalah saya sudah meninjau proses pembuatan pakan ternak khususnya sapi baik itu penggemukan maupun susu, ujar mantan Pj Wali Kota Kendari ini

Lanjutnya, saya berfikir konawe layak untuk dijadikan sebagai salah-satu lokasi pembangunan pabrik pakan ternak, mengingat di konawe memiliki lahan yang sangat luas untuk dimanfaatkan sebagai peternakan baik penggemukan maupun susu perah yang bisa memiliki nilai tambah bagi masyarakatSetempat.

Mudah-mudahan kunjungan awal Pj Bupati Konawe ini bisa ditindaklanjuti, karena secara tekhnis melihat langsung proses pembuatan pakan ternak. Menurut hemat saya, kalau bahan bakunya sangat tersedia dengan banyak di konawe yang kemudian disentuh dengan tekhnologi dari IPB, maka inshaa Allah kita bisa, ujar Asmawa.

“Menurut hemat saya, kalau bahan bakunya sangat tersedia dengan banyak di konawe yang kemudian disentu dengan tekhnologi dari IPB, maka inshaa allah kita bisa bangun disana” tutupnya.

Untuk diketahui, dalam pertemuan dengan Pj Bupati Bogor tersebut, Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba didampingi Sekda Konawe, Ferdinand Sapan. (Rls)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY