Diskominfo Konawe Akan Fasilitasi  Internet Untuk OPD Via Program Fiber Optik

Diskominfo Konawe Akan Fasilitasi  Internet Untuk OPD Via Program Fiber Optik

1.102 views
0
BERBAGI

Suara Indonesia News – Konawe. Teknologi fiber optik akan digunakan di Kabupaten Konawe, Inspektorat Konawe sedang melakukan review terhadap program fiber optik sebelum selanjutnya masuk tahap lelang alias tender. Lewat program itu, data penting dari masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup pemerintah kabupaten (pemkab) Konawe akan ditransmisikan ke gedung pusat komando (Command Center) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) setempat.

M Akib Ras Kepala Diskominfo Konawe mengatakan, lewat teknologi fiber optik, pihaknya bakal membangun jaringan antar OPD yang saling terkoneksi dengan pusat data terpadu di Diskominfo. Selain OPD lingkup pemkab Konawe, program fiber optik nantinya juga akan merambah wilayah kecamatan di otorita setempat. Namun sebagai langkah awal, sebutnya, untuk tahun ini teknologi fiber optik tersebut akan diprioritaskan di wilayah lingkar dalam kompleks kantor Bupati Konawe.

Lanjut M Akib Ras, lewat program fiber optik itu pula, Diskominfo Konawe nantinya bakal memfasilitasi penyediaan jaringan internet ke setiap OPD lingkup pemkab. Termasuk pula di Mall Pelayanan Publik (MPP) Konawe, kapasitas megabit per second (Mbps) di gedung tersebut bakal diperbanyak. Ia menyebut, fasilitas internet di masing-masing instansi tersebut, diberikan lewat kerjasama dengan pihak provider telekomunikasi (PT Telkom).

“Itupun belum semua OPD di areal lingkar dalam bisa terkoneksi dengan fiber optik. Anggaran kita terbatas, dan nominalnya saya kurang hafal,” ujarnya, beberapa waktu lalu.

Pemasangan fiber optik ini sistemnya bertahap. Artinya, untuk tahun ini hanya beberapa OPD dulu. Kabel fiber optik ini tidak kita tanam, melainkan kita gantung. Pertimbangannya kalau ditanam, kita harus jebol-jebol tanah lagi. Itu lebih repot,” tutup M Akib Ras. (Red SI)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY