Dua Desa di Kota Mangga, Ikuti Peningkatan Ketangguhan Desa Guna Kurangi Risiko...

Dua Desa di Kota Mangga, Ikuti Peningkatan Ketangguhan Desa Guna Kurangi Risiko Bencana

354 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Indramayu. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu kembali menyelenggarakan peningkatan ketangguhan desa guna kurangi risiko bencana.

Kali ini Desa Eretan Kulon Kecamatan Kandanghaur dan Desa Bondan Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu menjadi keterlibatan pelaksanaan “Siap Untuk Selamat” Tingkatkan Ketangguhan Desa Kurangi Risiko Bencana.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Indramayu Dadang Oce Iskandar melalui Kepala Seksi Pencegahan Supriyanto mengatakan, mealui peningkatan tersebut guna meminimalisir risiko bencana.

Diterangkan Suprianto, salah satu melalui peningkatan kapasitas yaitu menggunakan metode komunikatif, edukasi dan informasi. Menurutnya, dengan metode tersebut bertujuan untuk meningkatkan ketangguhan di tingkat desa dalam menghadapi bencana.

“Masyarakat dan pemdes di berikan wawasan tentang kajian risiko bencana di mana masyarakat bisa menganalisis daerah yang berpotensi bencana,” katanya kepada Diskominfo Indramayu, Sabtu (20/5/2023).

Supriyanto menambahkan, potensi bencana alam di Kabupaten Indramayu seperti banjir, longsor, cuaca ekstrem, gelombang ekstrem dan aberasi. Sehingga diharapkan, dengan peningkatan kapasitas kepada masyarakat dan perangkat desa dapat meminimalisir potensi bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

“Melalui kegiatan ini juga akan dilakukan mitigasi yaitu peningkatan kapasitas masyarakat, penyadaran masyarakat dan juga mitigasi struktural berupa penanganan melalui pembangunan,” pungkasnya. (Toro)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY