Gemblong Produk Kreatif Ekonomi Masyarakat Kabupaten Kuningan

Gemblong Produk Kreatif Ekonomi Masyarakat Kabupaten Kuningan

733 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Kuningan. Seiring perubahan perekonomian dunia, perekonomian Indonesia pun mau tak mau harus ikut berubah terutama perekonomian desa mengenal sistem ekonomi kreatif. Kini Indonesia sudah mulai menggerakkan kegiatan ekonomi yang disebut sebagai ekonomi kreatif.

Definisi ekonomi kreatif menurut kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, ketrampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan melalui penciptaan dan pemanfaatan daya kreasi dan daya cipta individualisme masyarakat.

Dalam konteks ekonomi yang berbasis pedesaan, salah satu gerakan ekonomi masyatakat kreatif adalah gerakan masyatakat ‘satu desa satu produk’  telah menarik perhatian dari daerah yang berpenghasilan rendah yang tidak dapat menarik industri teknologi tinggi dan juga dari orang-orang yang bekerja di bidang pengentasan kemiskinan dan masalah sosial.

Salah satu contoh perealisasian kreatif ekonomi masyrakat desa  dilakukan oleh warga masyrakat Desa Mekarsari Kecamatan cipicung kab.kuningan jawabarat.

Didi merupakan warga Desa Mekarsari, yang ulet mengelola hasil olahan dari hasil tanaman  singkong yang dibuat Gemblong sayur, mampuh mempekerjakan puluhan ibu ibu rumah tangga sebagai pekerjanya.

Bahkan gemblong sayur yang baru saja di produksinya belum lama sudah mampuh mengisi pasar dan kebutuhan masyarakat sekitar.

Tinggal  kebutuhan singkong perharinya yang mencapai 3 kwintal  tersebut jarus benar benar terpenuhi, ujar gober salah satu pekerja ketika diwawancarai media.

Penduduk setempat dipupuk untuk mempunyai kesadaran atas potensi mereka sendiri dan sumber daya yang ada di wilayah mereka diakui sebagai kekayaan lokal. Kontinuitas menjadi sumber kekuatan utama untuk menjadikan produk-produk yang dihasilkan memiliki nilai tambah tinggi disertai dengan adanya jaminan atas penjualan dan pengembangan sumber daya manusia. Dan konsep Ekonomi Kreatif menempatkan pembangunan dan pengembangan SDM sebagai faktor penting bagi pememerintahan ditingkat desa. (Sep)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY