Harga Sawit Tembus Rp 2000 Per Kilo, ini Rekor Tertinggi Sejak 20...

Harga Sawit Tembus Rp 2000 Per Kilo, ini Rekor Tertinggi Sejak 20 Tahun belakangan

1811
0
BERBAGI

Suara Indonesia News – Aceh Singkil. Harga tandan buah kelapa sawit tembus Rp 2 ribu per kilogram di tingkat petani. Sebelumnya harga sawit paling mahal berada pada kisaran Rp 1.800 per kilogram. (05/10-2021)

“Alhamdulillah, harga tandan buah segar sawit Rp 2.060 per kilogram,” kata Aril, pemilik kebun kelapa sawit di kawasan Singkil, Minggu kemarin (3/10/2021).

Lonjakan harga ini merupakan yang pertama dalam sejarah berdiri Kabupaten Aceh Singkil selama 22 tahun.

Tingginya harga sawit menggairahkan para petani dengan melakukan perawatan secara maksimal, mulai dari pembersihan kebun hingga pemupukan.  Perekonomian masyarakat juga membaik, sebab sawit merupakan komoditas unggulan Kabupaten Aceh Singkil. Dimana lebih dari 70 persen penduduk di sana bergantung dari kelapa sawit mulai dari pemilik kebun hingga buruh panen.

Maklum, melejitnya harga sawit terjadi saat produksi dalam kondisi normal. Tadinya sawit mahal terjadi ketika musim trek (produksi menurun). Diketahui, setidaknya terdapat 30 ribu hektar kebun sawit rakyat yang saat ini sedang masa produktif. Sementara yang masih menunggu panen lebih banyak lagi.

Tanaman sawit tersebar di delapan kecamatan dari sebelas kecamatan yang ada di Aceh Singkil. Masing-masing Kecamatan Singkil, Singkil Utara, Gunung Meriah, Danau Paris, Suro, Simpang Kanan, Singkohor dan Kecamatan Kota Baharu.

Sawit sebenarnya lebih mahal lagi ketika dijual ke pabrik, harganya mencapai Rp 2.300 per kilogram. Namun, jika dijual ke pengepul, harganya dipatok sekira Rp 2 ribu.  Selisih harga tersebut dipotong biaya angkut dan keuntungan bagi pengepul. Petani sawit di Aceh Singkil berharap harga sawit pada kisaran Rp 2 ribu bertahan lama agar kesejahteraan petani sawit lebih meningkat lagi. (Salomo)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY