Jelang Ramadhan,  Transaksi  Jual Beli di Pasar  Halsel Meningkat

Jelang Ramadhan,  Transaksi  Jual Beli di Pasar  Halsel Meningkat

1,466 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Labuha, Aktivitas jual beli di sejumlah Pasar Tradisional Kabupaten Halmahera Selatn (Halsel), meningkat menjelang Ramadan 1440 Hijriah/2019 ribuan warga memadati pasar-pasar.

Pantauan wartawan media ini, Minggu (6/5-19), kepadatan terjadi di sejumlah pasar di antaranya, Pasar Tembal, Pasar Labuha, Pasar Babang, hingga petang warga masih memadati pasar untuk membeli keperluan rumah tangga.

Padatnya warga membuat arus lalu lintas baik kendaraan maupun orang menjadi tersendat, tidak hanya di lantai dasar pasar, tetapi juga di luar pasar. Arus lalu lintas harus dibantu sejumlah Polisi Lalulintas dan LAJR Dinas Perhubungan Halsel.

“Aktivitas pasar menjelang Ramadhan meningkat dari biasanya, warga menyerbu sejumlah pasar-pasar di Halsel,”jelas Asyikin Soleman, Kabid Konflik KesbangPol Halsel.

Menurut Asikin, hari biasanya warga yang mendatangi pasar jumlahnya hanya berkisar  500 orang, tetapi selama dua hari terakhir ini jumlahnya membludak menjadi  1.000 hingga 2.000 ribu orang.

“Kami memperkirakan lonjakan warga ke pasar mencapai  1.000 hingga 2000 orang. Ini membuat pasar menjadi sangat padat dari biasanya,” katanya.

Ia mengatakan, sudah menjadi tradisi menjelang Ramadan warga sibuk mempersiapkan segala keperluan untuk berpuasa. Mereka membeli kebutuhan rumah tangga, baik itu bahan untuk masakan maupun perlengkapan lainnya. “Warga sibuk menyiapkan keperluan selama Ramadan, mereka membeli daging, ayam, telur, ikan maupun cabai dan bawang. Banyak juga yang membeli perlengkapan rumah tangga,” katanya.(Bur)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY