Kabupaten Cirebon  Mendapat Jatah 1,5 Juta Vaksin Covid 19

Kabupaten Cirebon  Mendapat Jatah 1,5 Juta Vaksin Covid 19

111
0
BERBAGI

Suara Indonesia News – Kabupaten Cirebon. Pemerintah Kabupaten Cirebon akan menerima vaksin covid 19 sebanyak 1,5 juta buah. Untuk tahap pertama, akan diterima sebanyak 8.009 vaksin, yang akan digunakan untuk memvaksin ribuan Tenaga Kesehatan (Nakes).

Bupati Cirebon Drs H Imron, M.Ag mengatakan, untuk tahap pertama, nakes memang yang paling didahulukan untuk mendapatkan vaksin. Karena para nakes memiliki resiko paling tinggi, terpapar virus covid 19.

“Ada sebanyak 8.009 vaksin, yang akan diberikan pada 8.009 nakes di Kabupaten Cirebon,” kata Imron, Rabu 6 Januari 2020.

Untuk pelaksanaan vaksinasi sendiri, diperkirakan akan dimulai pada Februari nanti. Saat ini, ujar Imron, vaksin tersebut belum tiba di Cirebon.

Selain vaksinasi untuk nakes, beberapa unsur lainnya yang nanti akan didahulukan mendapatkan vaksin, yaitu anggota polisi, TNI, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Imron juga mengungkapkan, bahwa Kabupaten Cirebon akan mendapatkan sebanyak 1,5 juta vaksin. Pihaknya akan memprioritaskan warga yang berumur 18-59 tahun.

“Untuk masyarakat umum, ada sekitar 1,5 juta vaksin. Diperkirakan akan diberikan pada bulan april,” ujar Imron.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Eni Suhaeni menuturkan, bahwa yang mendapatkan vaksin, memang hanya warga yang berumur 18 – 59 tahun.

Namun menurut Eni, warga yang divaksin nanti, akan bisa melindungi anak-anak dan lansia dari penularan covid 19.

Pelaksanaan vaksin sendiri, akan dilaksanakan di 75 fasilitas kesehatan yang ada di Kabupaten Cirebon. Termasuk diantaranya, yaitu seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Cirebon.

“Ada 75 vaksinator. Setiap Puskesmas ada satu vaksinator,” kata Eni.

Eni memastikan, bahwa seluruh fasilitas kesehatan yang ditunjuk untuk melaksanakan vaksinasi, sudah siap untuk melaksanakan vaksinasi. Seluruh fasilitas yang dibutuhkan juga sudah tersedia, termasuk tempat penyimpan vaksin. (Hatta)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY