Kapolres Konawe Selatan, Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra – Anoa 2021

Kapolres Konawe Selatan, Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra – Anoa 2021

178 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Konawe Selatan. Kapolres Konawe Selatan AKBP Erwin Pratomo. S.I.K., memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra – Anoa 2021, Senin tanggal, 15 Nopember 2021, dilapangan Upacara Mapolres Konawe Selatan.

Pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Sebra- Anoa 2021 dihadiri Waka Polres Konawe Selatan Kompol M.Risal Syaril, S.H., S.I.K, Danramil 1417-04 Lainea Kapten Inf.Bahar, Pejabat Utama Polres Konawe Selatan, Kapolsek Jajaran Polres Konawe Selatan, Kabid Perhubungan Darat Dishub Konsel Boby.

Kapolres Konawe Selatan AKBP Erwin Pratomo. S.I.K selaku Irup membacakan amanat Kapolda Sulawesi Tenggara :

Apel Gelar pasukan ini dilaksanakan dalam rangka cipta Kondisi Kamseltibcarlantas menjelang Natal 2021 dan tahun Baru  2022 ditengah Pandemi Corona Virus Disease 2019 ( Covid 19 ) diwilayah hukum Polres Konawe Selatan, sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa permasalahan dibidanh lalu lintas dewasa ini telah berkembang dengan sangat cepat dan dinamis , hal ini sebagai konsekkuensi meningkatnya jumlah penduduk yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Saat ini selain keselamatan berlalu lintas yang berhubungan langsung dengan orang, kendataan, jalan dan sarana dan prasaranan jalan terdapat permasalahan satu yaitu adanya ancaman pandemi covid-19 ,

Untuk itu dibutuhkan upaya khusus dalam menanggulangi penyebaran covid-19 , bidang lalu lintas mewujudkan keselamayan masyarakat dalam berkendara, berbagai permasalahan tersebut diantaranya adalah kurangnya kesadaran masyarakat atas pelaksanaan Protokol kesehatan sehingga memerlukan upaya penanganan secara Profesional dan komperehensipf dari Polri, agar terwujud kenormalan baru sebagaimana yang diharapkan, kita menyadari, bahwa dalam menghadapi permasalahan dibidang lalu lintas tersebut, dibutuhkan peran serta seluruh stake Holder, agar mampu meningkatkan kampanye tertib berlalu lintas dan protokol kesehatan,

Selain itu, juga memerlukan kootdinasi bersama antar instansi pemerintahan lainnya yang selama ini dirasakan masih perlu ditingkatkan. Guna memberi solusi atas permasalahan tersebut diatas, pengembang fungsi ooerasional polri telah menetapkan kalender operasi Zebra, yang kali ini dilaksanakan menjelang Natal 202 dan tahun Baru 2022 dengan sasaran meningkatkan disiplin protokol  kesehatan dan tertib berlalu lintas dalam rangka mencegah penyebaran covid-19 serta mewujudkan kamseltibcar lantad yang mantap.

Operasi Zebra-Anoa 2021 ini merupakan salah satu upaya Polri dalam rangka meningkatkan kepatuhan masyarakat, yang dilaksanakan dengan melalui pendekatan preemtif, dan preventip terutama dalam rangka menekan penularan covid-19 di jalan, kegiatan tersebut dilakukan dengan cara memberdayakan fungsi kamsel  lantas secara optimal, penerangan masyarakat dimedia cetak maupun elektronik, serts pelayanan informasi lalu lintas melalui manejemen media lantas Polda Sultra, sehingga mampaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat pengguna jalan.

Adapun waktu pelaksanaan opetasi ini akan berlangsunh srlama 14 hari sejak tanggal 15 sampai dengan 28 November 2021, srcara serentak diseluruh wilayah Indonesia, untuk meningkatkan disiplin protokol krsehatan dan tertib berlalu lintas dalam rangka mencegah penyebaran covid-19 serta mewujudkan kamseltibcar lantas yang mantap. Untuk mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan, maka operasi ini dilaksanakan dengan persentase kegiatan simpatik 100 % dengan tidak berorientasi pada gakkum lantas atau tilang. Melalui penyelenggaraan Operasi Zebra-anoa 2021 ini sesuai dengan arahan Kapolri maka diharapkan akan terlaksana beberapa kegiatan sebagai berikut :

  1. Kegiatan edukasi protokol krsehatan dan tertib berlalu lintas berupa baksos.
  2. Kegiatan baksos dan pelayanan masyarakat guna menciptakan rasa simpatik masyarakat terhadap Polri.
  3. Kegiatan penerangan dan penyuluhan kepada masyarakat tentang protokol kesehatan dan cara aman berlalu lintas serta saling  membantu dengan masyarakat yang lain.
  4. Dilarang melaksanakan kegiatan razia, pemeriksaan surat surat krndaraan bermotor serta tindakan lainnya yang tidak simpatik.

Sehingga dari kegiatan tersebut maka akan dicapai target yang kita inginkan antara lain :

  1. Meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, dan memerapkan protokol kesehatan dimasa adaptasi kebiasaan baru.
  2. Menciptakan situasi kamseltibcarlantas secara optimal.
  3. Terciptanya kepercayaan masyarakat terhadap Polri, dengan terbentuknya opini positif dan citra tertib dalam berlalu lintas.
  4. Menurunnya penyebaran penularan virus corona terhadap masyarakat.
  5. Sebagai cipta kondisi menjelang hari Natal 2021 dan tahun Baru 2022.

Penekanan Kapolda Sulawesi Tenggara Irjen Pol Drs.Teguh Pristiwanto, agar selama pelaksanaan operasi ini faktor keamanan, keselamatan dan kesehatan personil diutamakan, khususnya pada saat melakukan penertiban pelanggaran lalu lintas, oleh karena itu prdomani standar Operasional Prosedur serta protokol kesehatan yang telah ditetapkan, perlu kita sadari bersama, bahwa tujuan utama Operasi Zebra-anoa 2021 yang akan kita laksanakan ini adalah Terwujudnya Kamsel Tibcar Lantas Dengan Tumbuhnya Keasadaran dan Kepatuhan Masyarakat Dalam memghadapi Era Kenormalan Baru Ini tanamkan kepada masyarakat bahwa pada era krnormalan baru ini yang harus kita lakukan adalah kepatuhan dan kedisiplinan utamanya dalam hal protokol kesehatan.

Akhirnya dengan memanjatkan puji syukur kehadirat tuhan yang esa, Selamat mrlaksanakan tugas Operasi Kepolisaian dengan Sandi Zebra-Anoa 2021.  (J Andis)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY