Menggeliatnya Komoditas Hobi Ikan Hias di Wilayah Kabupaten Kendal di Tengah Pandemi

Menggeliatnya Komoditas Hobi Ikan Hias di Wilayah Kabupaten Kendal di Tengah Pandemi

255 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Kabupaten Kendal. Komoditas ikan hias menjadi salah satu andalan Indonesia dalam menopang perekonomian masyarakat. Hal ini tercermin dari data beberapa tahun terakhir produksi ikan hias nasional.

Menurut Yogi Purwo Negoro pembudidaya ikan hias Asal Jenarsari mengatakan saat ini untuk wilayah kabupaten kendal pembudidaya ikan hias tercatat mencapai 40 orang ikan. Dan beberapa pembudidaya ikan hias yang belum terdaftar dalam anggota komunitas ikan hias kendal.

Melihat data tersebut, pihaknya terus mendorong sektor usaha produktif seperti budidaya ikan hias karena telah terbukti dapat meningkatkan kesejahteraan pembudidaya.

“Seperti kita ketahui bersama, pandemi Covid 19 telah menekan berbagai sektor usaha, namun juga membuka berbagai peluang usaha baru bagi sebagian orang. Bisnis budidaya ikan hias termasuk salah satu peluang usaha baru yang banyak dilirik oleh masyarakat karena menjanjikan keuntungan yang besar apabila ditekuni,” jelas Yogi, Kamis (27/5-2021).

Yogi menilai kemajuan internet dan teknologi digital turut mempermudah pemasaran produk perikanan seperti ikan hias. Banyak masyarakat yang lebih memilih untuk belanja online di tengah kondisi pandemi karena lebih mudah dan banyak pilihan sehingga turut memperluas pasar.

“Kemajuan teknologi juga dimanfaatkan oleh kami bekerjasama dengan KKP Kabupaten Kendal untuk mengadakan pelatihan maupun webinar secara online untuk meningkatkan pengetahuan pelaku usaha budidaya ikan hias mengenai teknik budidaya hingga model bisnis mulai dari pemula hingga professional,” imbuhnya.

Rizky Wahyu Hidayat salah satu pem budidaya ikan hias asal desa karangmalang wetan juga menambahkan, Kualitas air wilayah Kabupaten Kendal layak untuk dijadikan komoditas unggulan dan memiliki berbagai keunggulan seperti sistem budidaya yang tidak memerlukan lahan yang luas, nilai jual yang lebih tingi dibandingkan dengan ikan konsumsi serta perputaran uang yang lebih cepat dalam usaha sehingga pelaku usaha dapat lebih cepat dalam pengembalian modal.

“Guna mendukung peningkatan industri ikan hias nasional, kami juga sering mengikuti berbagai program melalui webinar dan pelatihan, kami juga melakukan koordinasi dengan asosiasi serta pelaku usaha ikan hias untuk dapat mensinkronkan program dengan pemerintah,” ujarnya. (Nur K)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY