Pelatihan Lembaga Adat Desa Pemdes Se Kecamatan Besulutu, Melestarikan Kembali Adat dan...

Pelatihan Lembaga Adat Desa Pemdes Se Kecamatan Besulutu, Melestarikan Kembali Adat dan Budaya Lokal

1,383 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Konawe. Kecamatan Besulutu, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), menggelar pelatihan lembaga adat desa yang di ikuti Pemerintah Desa Seluruh  se Kecamatan. Kegiatan kebudayaan yang digelar selama tiga hari ke depan ini diikuti oleh seluruh lembaga adat yang berada di desa se- Kecamatan Besulutu, dengan menggunakan anggaran Dana Desa tahun 2022.

Nurleila Saranani Camat Besulutu, yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, pihaknya sangat memberikan dukungan mengapresiasi terhadap para Pemdes Se Kecamatan Besulutu, karena telah memprogramkan pelatihan lembaga adat desa.

“Dengan adanya pelatihan ini merupakan salah satu langkah dalam melestarikan kembali adat dan budaya lokal yang merupakan warisan dari pendahulu orang tua kita yang sangat dijunjung tinggi sebagaimana dalam moto suku tolaki Inae kona sara iyei pinesara, Inaelia sara iyei pinekasara,” ungkap Camat Besulutu.

Lanjut Nurleila Saranani, pelatihan adat merupakan suatu kegiatan adat budaya dengan tujuan akhir bisa meningkatkan kualitas SDM dari segi kebudayaan, serta dalam pelestarian adat dan budaya di Konawe.

Untuk diketahui, para peserta dalam kegiatan ini akan mempraktekkan peletakan adat peohala, adat perkawinan mulai dari moawo niwule, mesokei, morumbandole, dan mowindahako.

Dengan kegiatan ini nilai-nilai budaya bisa direalisasikan di tengah-tengah  masyarakat agar generasi pemangku adat menjadi lebih baik di masa mendatang, tutup Camat Besulutu. (Red SI)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY