Pembangunan Tungku Pembakaran Sampah Siap Dirampungkan, Masyarakat Desa Setu Wetan Diharapkan Mandiri...

Pembangunan Tungku Pembakaran Sampah Siap Dirampungkan, Masyarakat Desa Setu Wetan Diharapkan Mandiri Atasi Sampah

449 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Cirebon. Pembangunan Tungku Tempat Pembakaran Sampah di Desa Setu Wetan blok kedungbawang RT.15. RW.05 mulai di kerjakan pada hari Sabtu, 10 April 2021. Pengerjaan ini dilakukan guna untuk meminimalisir banyaknya sampah yang tak terbendung setiap harinya. Senin, (12/04/2021)

Hari ini sudah masuk ke-3 (tiga) hari pelaksanaannya, yang rencananya pembangunan ini dikerjakan kurang lebih selama 2 (dua) Minggu kedepan. Sebelumnya memang sudah ada tungku pembakaran sampah di blok watuampar dengan status sewa tanah wakaf milik masjid Maqbul’du’a. Hal ini demi kemaslahatan masyarakat Desa Setu Wetan. Pihak DKM juga ikut serta berperan dalam penanggulangan sampah di lokasi tersebut.

Disamping itu, karena debit sampah yang di tampung setiap harinya memang cukup banyak. Sehingga kemudian kembali didirikan Tungku Pembakaran Sampah lagi.

Seperti yang disampaikan ketua divisi sampah, Teguh, di tempat lokasi pembangunan. ” Sejauh ini memang belom maksimal menampung banyaknya debit sampah yang kita tampung dari semua RT, hanya lebih kurang 9 RT saja yang masuk ke tempat pembuangan sampah ini, yang nantinya akan dibakar.” Katanya.

” Rata-rata setiap RT itu, sambung Teguh, ada sekitar 6 ( enam) gerobak pengangkut sampah yang masuk kesini dalam sehari. Jadi dalam 3 (tiga) hari bisa mencapai sekitar 18 gerobak sampah, Otomatis kedepannya kan akan ada tambahan dari RT lagi yang belum tercover.” Terangnya.

” Dirinya juga berharap dengan adanya pembangunan tungku pembakaran sampah ini, dapat mengatasi permasalahan sampah secara mandiri.” Tutupnya.

Senada dengan ketua divisi sampah, Syarifudin Sekretaris BPD yang akrab disapa Tongding. ” Pengerjaan Tungku Pembakaran Sampah ini diharapkan dapat terkordinir secara menyeluruh dan maksimal.” Ujarnya

Sementara, Ketua Tim Pelaksana (TPK) Bajil, menuturkan ” Pengerjaan ini dilakukan dengan menggunakan anggaran dana desa (Silpa) senilai Rp.33.659.000-,00. “Tuturnya.

Dirinya pun berharap, lanjut Bajil, ” Agar masyarakat desa setu wetan dapat terkordinir dalam hal pembuangan sampah, sehingga persoalan sampah dapat teratasi secara mandiri dan juga ini bagian dari masyarakat untuk masyarakat.” Pungkasnya.

Banyaknya sampah yang tak terbendung di Tungku Tempat Pembuangan Sampah 2 (TPS) di blok kedungbawang ini, membuat kewalahan bagi petugas devisi sampah. Apalagi disaat musim hujan, kendati demikian dengan adanya pembangunan tungku pembakaran ini diharapkan dapat menyelesaikan sedikitnya tentang sampah secara mandiri. (M.I.R)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY