Penetapan Nomor Urut Pilwu Desa Gamel dan Desa Cangkring Berlangsung Kondusif 

Penetapan Nomor Urut Pilwu Desa Gamel dan Desa Cangkring Berlangsung Kondusif 

382 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Kabupaten Cirebon. Kabupaten Cirebon mulai bulan ini sekitar 80 desa melaksanakan Pilihan Kuwu untuk memimpin desa selama periode 6 tahun berdasarkan UU. Untuk kecamatan Plered pilihan Kuwu (Pilwu) dilaksanakan hanya di 4 desa saja, Desa Panembahan, Desa Wotgali, Desa Gamel dan Desa Cangkring. (19/09-23)

Kondisi Pilwu desa Gamel terlihat tenang dan damai saat media akan meliput aktivitas Pilwu yang ada di desa. Secara kebetulan Desa Gamel juga melaksanakan Penetapan bakal calon Kuwu menjadi calon Kuwu sekaligus pengambilan nomor urut peserta Pilwu.

Desa Gamel hanya memunculkan 3  (tiga) orang balon Kuwu yang akan ditetapkan menjadi Calon Kuwu dan mengambil nomor sementara rumor yang diterima media ada 5 balon Kuwu yang akan berlaga ternyata hanya ada 3 balon yang siap berlaga dalam Pilwu kali ini, ketiga calon itu terdiri satu perempuan bernama Kartika mendapat nomor urut 1 dan 2 orang lelaki, nomor 2 Gunawan dan nomor 3 Subiana.

 

Ketika para balon Kuwu datang beserta puluhan pendukungnya, ternyata ada satu balon Kuwu yang sudah berumur sekitar 67 tahun nomor urut 2 Gunawan dan masih semangat untuk mengikuti tahapan Pilwu di desa yakni untuk penetapan calon Kuwu dan pengambilan nomor urut peserta.

 

Acara tidak hanya menetapkan calon Kuwu dan pengambilan nomor urut saja tapi juga penyampaian visi dan misi pada panitia, yang semuanya bermuara untuk membangun Desa Gamel yang lebih baik dari sebelumnya setelah terpilih dalam Pilwu tahun ini.

 

Usai acara media berbincang dengan Pejabat Kuwu Gamel dan menjelaskan acara ini hanya menetapkan balon Kuwu menjadi calon Kuwu saja dan berharap proses tahapan selanjutnya berlangsung kondusif dan aman baik saat kampanye ataupun Pilwu dilaksanakan.

 

Begitu juga di Desa Cangkring yang rumor diterima media ada 8 orang yang ternyata ada 7  orang dan tersisa tinggal 5 karena dua orang gagal tes tertulis yang dilaksanakan DPMD Kabupaten Cirebon, untuk tes seleksi dilaksanakan langsung tidak tertulis tapi dilaksanakan di komputer sehingga peserta bisa langsung melihat hasil tesnya.

 

Di Desa Cangkring juga ada satu calon Kuwu perempuan dengan nomor urut 5 Hj. Aidah, sementara calon Kuwu lainnya lelaki dan tidak ada yang sepuh.

 

H. Dindin Camat Plered saat memberi sambutan mengatakan situasi dan kondisi desa Cangkring berlangsung tertib dan aman serta kondusif karena pendewasaan masyarakat dalam cara berpikir dan juga para calon Kuwu juga mengingatkan pada pendukungnya untuk tetap berhubungan baik dengan tetangga apalagi saudara untuk bisa menarik simpati dan empati warga lainnya. Juga memberikan ucapan selamat pada para balon Kuwu yang sudah ditetapkan menjadi calon Kuwu dan mendapatkan nomor urut untuk tetap menjaga situasi dan kondisi masyarakat tetap kondusif dan aman.

 

Usai penetapan Nomor Urut Desa Cangkring H. Dindin Camat Plered menjelaskan di Desa Cangkring ini tahapan yang dilaksanakan hingga penetapan Nomor Urut ini berlangsung aman dan kondusif tidak ada gesekan antar pendukung juga desa lainnya termasuk Desa Gamel dan berharap kondisi ini bisa berlangsung hingga saat pilihan Kuwu berlangsung dengan kondusif tanpa gesekan apapun, karena saya melihat masyarakat sudah berpikir dewasa saat ini hingga ga perlu gontokan dalam mendukung calon Kuwu belajar dari peristiwa sebelumnya saat bentrokan antar pendukung terjadi hubungan akan terputus hingga jalur kekerabatan juga jadi renggang, sekarang tidak seperti itu lagi. (Hatta)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY