PJ Bupati Konawe Sidak Puskesmas Uepai dan Puriala

PJ Bupati Konawe Sidak Puskesmas Uepai dan Puriala

135 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Konawe. Mendapat informasi tentang dugaan pelayanan di puskesmas kecamatan Uepai dan Puskesmas Puriala yang kurang baik Penjabat (PJ) Bupati Konawe Stanley bertindak cepat dengan melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak), Selasa (10/09/2024).

Dalam arahannya, Pj Bupati Konawe Stanley mengatakan, apabila ada sesuatu permasalahan sifatnya tidak sesuai SOP, dari unsur pimpinan siap untuk memberikan semacam apa tindakan yang akan dilakukan. Karena inikan koordinasi dibawah lingkungan pemerintah kabupaten konawe antara rumah sakit ini juga binaan kami puskesmas binaan kami, ini yang harus konekting antara kebijakan dirumah sakit umum Daerah dengan yang ada di Puskesmas, ” ujarnya.

Ia menjelaskan sidak yang dilakukan merupakan acuan ini berdasarkan aduan masyarakat yang ada di puskesmas yang menjadi fokus seperti apa  layanan  yang ada di puskesmas di kecamatan kabupaten konawe.

Selain itu, PJ Bupati Konawe ini juga menerima aduan masyarakat mengenai dugaan penggunaan dana BOK yang tidak transparan. “Setiap kegiatan itu bisa digunakan Sosial media dan komunikasi dengan Kadis Kominfo,nanti ada media yang bisa liput, dan terkait dengan penggunaan BOK agar transparan dan sesuai SOP, ” ujarnya.

Ia juga meminta kepada puskesmas agar melayani sepenuh hati, memberikan solusi dan terutama di dahulukan pelayanan daripada administrasi.

“Setiap ada kendala, masyarakat diberikan saran yang baik. Dan utamanya dalam melayani pegawai puskesmas selalu ramah terhadap pasien, ” kata Stanley.

“Aduan ini perlu kami klarifikasi tujuannya bukan untuk mencari benar atau salah tetapi ini cambukan untuk kita meningkatkan pelayanan dan perbaikan kualitas layanan di seluru puskemas yang ada di Konawe” tambah Stanley.

Selain itu, Stanley  juga mengungkapkan kunjungan tersebut juga dalam rangka mengevaluasi dan memonitoring program program prioritas terutama menekan lajunyanya stunting atau gizi buruk di kabupaten Konawe.

Menurut Stanley, khusus di Puriala berdasarkan informasi meningkatkan jenis layanan yang hanya bisa melayani pasien rawat jalan kedepan sudah bisa melayani pasien rawat inap meskipun mengalami keterbatasan sarana dan prasarana.

“Kami melihat di sejumlah puskesmas yang kami kunjungi dari sisi fasilitas itu sudah memadai repsentatif, namun masing-masing puskesmas akan berupaya mengembangkan sekaligus meningkatkan layanan” ujar Stanley.

Pihaknya sangat berterimakasih  terhadap adanya kontrol dari masyarakat agar ini menjadi pemicu bagaimana meningkatkan kualitas pelayanan prima di puskesmas dalam rangka meningkatkam good goverment di layanan publik, tutup Pj Bupati Konawe. (Rls)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY