PLT Kuwu Desa Tambak, Genjot Pembangunan Infrastruktur Desa

PLT Kuwu Desa Tambak, Genjot Pembangunan Infrastruktur Desa

386 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Indramayu, Meski baru memimpin beberapa bulan, Bahrudin yang kini menjabat PLT Kepala Desa (Kuwu) Desa Tambak, Kec. Indramayu, Kab. Indramayu, telah banyak melakukan perubahan diberbagai bidang.

Hal ini dibuktikan oleh Bahrudin dengan membangun berbagai sarana prasarana infrastruktur desa dengan memanfaatkan anggaran Dana Desa (DD) tahun 2019.

“Dengan memanfaatkan Dana Desa (DD), kita bangun infrastruktur, mulai dari jalan lingkungan, jalan desa, sarana pendidikan, rumah tidak layak huni (Rutilahu), dan lainnya yang menyangkut kepentingan masyarakat desa Tambak kearah yang lebih baik,” demikian dikatakan PLT Kuwu Tambak Bahrudin diruang kerjanya, senin (18/11-19).

Dikatakan, dana desa (DD) tahap pertama yang sudah diterima desanya, telah direalisassikan untuk memperbaiki beberapa rumah warga yang kondisinya tidak layak huni, selain itu kami juga bangun MCK atau jamban bagi warga yang  belum memilki jamban. Pembuatan jamban sehat ini, kata dia sejalan dengan program pemerintah untuk membenahi permasalahan di bidang kesehatan dan sanitasi sehingga tercipta lingkungan bersih dan sehat.

“Kami prioritaskan bidang kesehatan dan sanitasi melalui program jambanisasi untuk warga. Pembangunan jamban sehat diperuntukan untuk 10 rumah tangga yang belum memiliki jamban telah dilaksanakan dan  terealisasi dengan baik dengan memakan anggran sebesar  Rp 31 juta, sedangkan rutilahu kami bangun / perbaiki sebanyak 5 unit rumah dengan anggaran sebesar 90 juta.,” jelasnya.

Selain itu, lanjut bahrudin, dana desa (DD) tahap pertama  juga telah digunakan untuk normalisasi saluran pembuangan dengan panjang 900 meter.

“kalau sesuai RAB panjang saluran yang di normalisasi hanya 800 meter, tapi dilapangan yang dinormalisasi mencapai 900 meter,” tuturnya.

Sementara, Dana Desa (DD) tahap kedua yang baru diterima oleh desa Tambak akan digunakan untuk membangun SPAL (Saluran Pembuangan Air Limbah) dan rabat beton yang tersebar di beberpa titik (Lokasi).

“Dana Desa (DD) tahap dua yang baru saja diterima akan dimanfaatkan untuk membangun jalan lingkungan dengan system cor beton dan menggunakan readymix K250, selain bangun jalan, kita juga akan bangun SPAL dan pembangunannya akan di mulai  pada hari rabu besok, dengan lokasi di RW1, RW 2 dan RW 3” terangnya.

Bahrudin menambahkan, sebagai bentuk transaparanssi kepada publik, masyarakat desa Tambak juga bisa melihat segala informasi tetntang desa tambak di website http desatambak.co.id.

Dan setiap pembangunan yang ada, kami selalu libatkan tokoh masyarakat dan LPM sebagai mitra kerja kita, pemerintah desa dan masyarakat harus bersinergi dengan harapan pembangunan yang telah dan akan dilaksanakan dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Bahrudin mengatakan, pembangunan infrastruktur di desa Tambak dipacu untuk menciptakan pembangunan yang tepat guna dan tepat sasaran, selain pembangunan infrastruktur, pemdes Tambak juga memberikan pelayanan prima bagi masyarakat, “Saya tekankan kepada pamong desa lainnya supaya datang ke kantor tepat waktu, paling lambat jam 8 harus standby dikantor dan pulang sesuai dengan jam pulang kantor yaitu jam 16.00, dengan tujuan agar pelayanan kepada  masyarakat bisa berjalan maskimal,” tandasnya.

Bahrudin menambahkan, segala upaya yang ia lakukan semata – mata untuk kesejahteraan masyarakat desa tambak agar desa tambak bisa menjadi desa yang mandiri dan berkembang. (Dais)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY