Presiden Jokowi Tanam Mangrove di Pantai Raja Kecik Bengkalis

Presiden Jokowi Tanam Mangrove di Pantai Raja Kecik Bengkalis

3258
0
BERBAGI

Suara Indonesia News – Bengkalis. Presiden Repoblik Indonesia, Jokowi tiba di provinsi Riau, pada Selasa (28/9/21), pesawat yang membawa orang nomor satu di Indonesia mendarat di pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin, Kota Pekanbaru, kemudian menggunakan Helikopter Super Puma langsung terbang menuju ke kabupaten Bengkalis milik TNI AU.

Di Bengkalis Presiden RI Jokowi mendarat di lapangan SDN 04 Desa Muntai Barat, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau sekitar pukul 10.30 WIB.

Kedatang orang nomo satu di Indonesia ke kabupaten Bengkalis di sambut sukacita oleh siswa dan Masyarakat Desa Muntai.

Presiden RI Jokowi langsung menuju lokasi penanaman mangrove di pantai Raja Kecik Desa Muntai Barat dengan menggunakan mobil dikawal ketat Paspampres.

Kabupaten Bengkalis menjadi salah satu lokasi terluas target rehabilitasi kawasan pesisir yang masuk program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) mangrove 2020-2021 di Provinsi Riau, dengan luas mencapai 1.292 ha.

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM), melakukan percepatan rehabilitasi mangrove seluas 34.250 ha yang tersebar di 32 Provinsi se-Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, di sela-sela melakukan penanaman Presiden Jokowi menyampaikan agar penanaman bersama-sama harapannya kawasan ini bisa kita perbaiki dan rehabilitasi dalam rangka mengendalikan abrasi, juga dalam mendukung ekowisata daerah. Tentu saja ini akan mendukung ekonomi masyarakat di sini.

”Rehabilitasi mangrove akan terus kita lakukan di seluruh Tanah Air, karena hutan mangrove menyimpan karbon 4-5 kali lebih banyak dari hutan tropis daratan sehingga akan berkontribusi besar pada penyerapan emisi karbon. Ini juga meneguhkan komitmen kita terhadap Paris Agreement dan perubahan iklim dunia,” kata Presiden Jokowi.

Bupati Bengkalis Kasmarni pada saat menyambut kedatangan Orang nomor satu di Indonesia tersebut mengucapkan selamat datang di Kabupaten Bengkalis yang memiliki julukkan Negeri Junjungan.

“Kita sangat bangga, Kabupaten Bengkalis dikunjungi oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Ir. H. Joko widodo dan ini juga merupakan kebanggan bagi seluruh masyarakat,” kata Bupati Bengkalis, Kasmarni Selasa 28 September 2921 kepada wartawan.

Mangrove yang akan ditanam sekitar dua puluh ribu bibit bersama kelompok masyarakat. Bibit ini ditanam di lahan pantai Raja Kecik seluas tujuh hektare.

Untuk diketahui Desa Muntai Barat berada di Kecamatan Bantan terletak diutara Pulau Bengkalis jarak tempuh melalui darat sekitar satu jam dari kota Bengkalis dan Desa ini merupakan pemekaran dari desa Muntai pada enam tahun silam. (Mus)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY