Puluhan Hektar Sawah di Serang Hama Tikus, Dinas Pertanian Purwakarta Gelar Gerakan...

Puluhan Hektar Sawah di Serang Hama Tikus, Dinas Pertanian Purwakarta Gelar Gerakan Gropyokan Massal

239 views
0
SHARE
Foto dinas pertanian Purwakarta kompak bersama para petani sedang melakukan gerakan gropyokan masaaal dalam mengatasi hama tikus di Purwakarta jabar.

Suara Indonesia News – Purwakarta. Warga petani di dua desa di Kecamatan Campaka, Purwakarta di saat Pandemi ini menjerit pasalanya para petani sudah dua musim ini mengalami kerugian ratusan juta rupiah yang di akibatkan serangan hama tikus yang sampai saat ini masih menyerang petani di desa Cisaaat dan desa Kertamukti, Purwakarta Jabar. (15/06-2021)

Ahya selaku tokoh petani menjelaskan bahwa serangan hama tikus ini mulai menyerang persawahan sejak padi berisi hingga panen yang hasilnya mengalami turun dtastis.

“Terus terang petani disaat Pandemi ini mengami kerugian yang besar karna hasilnya tidak memuaskan akibat serangan tikus.”keluh ahya warga Cisaat, pada media. (14/06-2021)

Masih menurut ahya sebenarnya petani sudah kewalahan dalam mengatasi serangan hama tikus yang semakin menjadi jadi berbagai cara petani sudah di lakukan namun belum bisa mengatasi hama predator ini.

“Berbagai cara telah di lakukan petani namun belum megatasi serangan hama terganas menghantui para petani,” tandas tokoh petani ini.

Para petani mengharapkan kepada pihak pemerintah Daerah (Pemda) Purwakarta terutama dalam hal ini Dinas Pertanian agar turut membantu dalam mengatasi serangan hama tikus yang menyerang petani di Purwakarta.

“Kami minta Pemda Purwakarta terutama Dinas Pertanian agar turun ke lapangan membantu cara mengatasi hama tikus ini .”harap mantan kades hormat ini.

Serangan hama tikus ini meyerang dua desa di kecamatan Campaka Purwakarta lahan persawahan yang jadi korban kerugian petani ini di perkirakan puluhan hektar.

Sedangkan Dinas Pertanian Purwakarta dalam mengatasi hama tikus ini sedang berjibaku dengan cara melakukan gerakan gropyokan basmi tikus di berbagai desa yang terserang di kecamatan Campaka dan Cibatu.

” Kami siap bantu petani dengan cara gerakan gropyokan hama tikus yang kita galakan di berbagai desa terutama di kecamatan Campaka dan Cibatu silakan petani yang mau ikut hubungi dinas pertanian.”tegas Kadis Pertanian Ir.Sri Jaya Midan MP yang di konfrimasi lewat ponselnya.

Kadis pertanian menyarankan kepada para petani yang mengalami kerugian akibat hama ini untuk segera ikut program Asuransi  Usaha Tani Padi (AUTP) yang sudah di galakan Dinas Pertanian sehingga mengurangi kerugian dalam hal ini.

” Kami sarankan pada petani yang mengalami kerugian untuk segera masuk kartu asuransi AUTP kami siap membantu dalam hal ini untuk mengurangi kerugian yang di alami petani,Kami sarankan utk musim tanam selanjutnya agar para petani masuk asuransi usahatani padi, bila terjadi puso maka pemerintah akan mengganti kerugian petani sebesar 6jt/ha..”papar Kadis Midan.

Di harapkan hama tikus ini bisa segera di atasi pihak pemerintah daerah  Purwakarta terutama Dinas Pertanian secara tanggap sedang menjalankan program Gropyokan di persawahan Purwakarta. (Fuljo)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY