Tekan Laju Inflasi dan Kenaikan Harga, Bupati Indramayu Gelar Pasar Beras Murah

Tekan Laju Inflasi dan Kenaikan Harga, Bupati Indramayu Gelar Pasar Beras Murah

1,616 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Indramayu. Bupati Indramayu Nina Agustina bersama dengan Perum BULOG Kantor Cabang Indramayu menggelar kegiatan operasi pasar beras murah di Pasar Daerah Jatibarang, Rabu (22/2/2023).

Bupati Nina menyampaikan, digelarnya pasar murah tersebut bertujuan untuk menekan laju inflasi daerah sekaligus bentuk perhatian Pemerintah Kabupaten Indramayu dalam rangka membantu memenuhi kebutuhan pokok masyarakat di Kabupaten Indramayu.

“Kami gelar pasar murah ini selain untuk pengendalian inflasi, melainkan juga untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat,” ungkapnya.

Selain itu, pelaksanaan kegiatan pasar murah juga diharapkan dapat menstabilkan harga bahan pokok salah satunya harga beras menjelang datangnya bulan suci ramadhan yang cenderung mengalami lonjakan harga, serta menyukseskan gerakan nasional pengendalian inflasi pangan.

“Sesuai dengan tema kegiatan kita hari ini yaitu pasar beras murah, maka beras yang disediakan harganya lebih murah daripada harga yang ada di pasaran Rp9.400/kg.” terang Bupati Nina.

Untuk itu diharapkan Bupati Nina, masyarakat dapat memanfaatkan hadirnya pasar beras murah ini dengan sebaik-baiknya.

“Diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan kegiatan ini sebaik-baiknya, sebab apa yang dijalankan pemerintah tidak lain adalah demi kesejahteraan masyarakat Indramayu,” harapnya

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Indramayu mengajak masyarakat agar senantiasa mampu menjaga ketahanan pangan secara mandiri dengan memanfaatkan lahan pekarangan dan lahan tidak produktif guna ditanami tanaman pangan seperti cabai, tomat dan lain sebagainya guna mencukupi kebutuhan konsumsi sehari-hari.

“Mari kita manfaatkan lahan pekarangan untuk ditanami tanaman pangan guna menjaga ketahan pangan dan mencukupi kebutuhan konsumsi sehari-hari, karena Bila hal tersebut dilakukan, stok pangan akan terjaga dan inflasi akan terkendali,” tandasnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian, Ahmad Budiharto mengatakan, harga beras mengalami kenaikan sejak desember 2022 lalu. Sebelumnya untuk beras kualitas medium Rp10.700/kg dan kualitas premium Rp12.100/kg, sedangkan per februari 2023 harga beras kualitas medium Rp11.500/kg dan kualitas premium Rp12.500/kg.

“Untuk itu kegiatan ini kami gelar selain untuk memenuhi kebutuhan pokok juga untuk menstabilkan harga,” imbuhnya.

Ahmad menjelaskan, pada pasar beras murah ini, Perum BULOG Cabang Indramayu menyediakan 20 ton beras yang dijual dengan harga Rp47.000 untuk paket 5 kg.

“BULOG menyediakan 20 ton dimana beras dijual per 5 kg dengan harga Rp47.000. Harga tersebut berarti per kilogramnya berada di bawah pasaran yakni Rp9400/kg nya,” jelasnya

Dalam kegiatan tersebut turut hadir pula Forkopimda Kabupaten Indramayu, Perwakilan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Cirebon, jajaran staf ahli dan asisten daerah, kepala perangkat daerah serta camat di lingkungan Pemkab Indramayu. (Toro)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY