Tutup Operasi Ketupat Kieraha – 2019,  Polres Halsel Gelar Apel Konsolidasi

Tutup Operasi Ketupat Kieraha – 2019,  Polres Halsel Gelar Apel Konsolidasi

543 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Halsel, Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Halmahera Selatan mengakhiri kegiatan Operasi Ketupat Kieraha 2019 dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah, di Wilayah Kabupaten Halmahera Selatan dengan melaksanakan apel gelar Konsolidasi yang di gelar di lapangan Apel Polres Halmahera Selatan, Kamis (13/06/2019).

Pada apel Konsolidasi yang dipimpin langsung Kapolres Halmahera Selatan AKBP M. Faishal Aris, S.I.K., M.M., bersama Dandim 1509 Labuha yang di wakili Kasdim 1509 Labuha Mayor Inf. Moch Syaiful Arif di hadiri oleh Apel tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Kab. Halmahera Selatan Iswan Hasyim ST. MT, Ketua Pengadilan  Achmad Rasjid.S.H, , Waka Polres Halsel Kompol Wahyu Adi Waluyo S.IK, PJU Polres Halsel, Perwakilan Kepala Syabandar Kab. Halsel Sdra. Makmur, Perwakilan Kordinator Unit siaga SAR Bacan Kab. Halsel sdra. Z. Anjar Manaf dan Perwakilan dari Kesultanan Bacan Bpk. Tufail Iskandar Alam.

Kapolres Halsel AKBP M. Faishal Aris, S.I.K., M.M., selaku pimpinan apel yang membacakan amanat Kapolda Maluku Utara mengucapkan syukur kita panjatkan kehadirat allah swt, tuhan yang maha esa, karena atas limpahan rahmat dan ridho-nya, pada pagi hari ini kita dapat melaksanakan apel konsolidasi “operasi ketupat kieraha 2019” pengamanan idul fitri 1440 h / 2019 m.

Pada amanat Kapolda Maluku Utara yang dibacakan Kapolres Halsel menyampaikan Apel Konsolidasi ini bertujuan mengevaluasi pelaksanaan Ops Ketupat Kieraha 2019 yang telah digelar selama 13 ( tiga belas ) hari TMT tanggal 29 Mei s.d 10 Juni 2019 diseluruh Polda.

Kapolres Halsel mengatakan dalam rangka untuk mengetahui sejauhmana penerapan menajemen strategi operasi dalam pencapaian target dan tujuan operasi, solusi kendala dan keberhasilan personil organik yang didukung dengan keterpaduan instansi terkait dalam mengimplementasikan rencana operasi yang telah disusun, sehingga kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal dan berhasil sesuai dengan target, tujuan serta sasaran operasi yang telah ditetapkan.

Mengevaluasi hasil pelaksanaan operasi ”ketupat kie raha 2019” pengamanan idul fitri 2019 diwilayah Halmahera Selatan secara umum kegiatan operasi berjalan dengan baik dan sukses, hasil evaluasi operasi ketupat kieraha 2019 mempunyai data kriminal ada 5 kasus berupa penganiayaan 2 kasus, pengroyokan 1 kasus, tarkam 1 kasus dan kdrt 1 kss, sedangkan nonkriminal nihil, ucapnya.

Kapolres Halsel menambahkan untuk trend pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas di wilkum Polres Halmahera Selatan selama pelaksanaan operasi ketupat kieraha tahun 2018 dibandingkan dengan tahun 2019 menunjukkan bahwa pelanggaran lalu lintas mengalami penurunan sebanyak 27 pelanggar (-12.9°/o) dari 208 pelanggar menjadi 181 pelanggar. yang didominasi oleh kendaraan roda 2 sebanyak 170 unit, mobil penumpang 11 unit. dimana penindakan terhadap pelanggaran yang berpotensi laka lantas sangat efektif dalam menurunkan angka kecelakaan lalu lintas.

Dapat dibuktikan dengan jumlah laka lantas yang terjadi pada operasi ketupat kieraha 2019 mengalami penurunan yaitu jumlah laka lantas terjadi penurunan 1 kss (50%) dari 2 kss menjadi 1 kss, korban meninggal dunia tetap 1 orang (0%) dari 1 orang menjadi 1 orang, korban luka ringan mengalami penurunan 1 orang (-50%) dari 2 orang menjadi 1 orang, dan kerugian materiil mengalami penurunan rp. 200,000.(40%) dari rp.500,000.menjadi rp,300,000,-. Adapun jenis kendaraan yang terlibat laka lantas yaitu didominasi oleh sepeda motor sebanyak 2 unit sedangkan usia dari pelaku pelanggaran, dan pelaku serta korban laka lantas operasi ketupat kieraha 2019 yaitu didominasi oleh usia 16-20 tahun, dimana usia ini merupakan usia yang produktif.

Secara kuantitas jumlah kejadian laka lantas terjadi penurunan namun secara kuautas tetap karena korban md tetap 1 orang, dan walaupun terlihat sedikit md 1 orang namun jangan sekali-kali kita menganggap hal yang biasa karena ini menyangkut dengan nyawa manusia dan keluarganya sangat merasa kehilangan ini menjadi pr dan tanggung jawab polri dan instansi terkait untuk meningkatkan kinerja dan memperbaiki sistem manajemen keselamatan berlalu lintas.

Secara nasional jumlah laka seluruh indonesia mengalami penurunan 817 kss (63%) dari 1.288 menjadi 471 kss, korban meninggal dunia turun 168 org (60%), dari 281 menjadi 113 org, korban luka berat turun dari 318 menjadi 78 org, dan korban luka ringan turun dari 1.668 menjadi 1.552 org.

bahwa pelaksanaan operasi ketupat 2019 secara nasional diwarnai dengan aksi teror dan bom bunuh diri di pospam tugu kartasura sukorharjo jawa tengah. namun syukur alhamdulillah tuhan yang maha kuasa masih melindungi kita semua sehingga tidak ada korban dari pihak keamanan, dan senantiasa kita berdoa agar wilayah kita terhindar dari kejadian tersebut serta kita selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap segala kemungkinan adanya aksi-aksi yang mengarah pada kegiatan teror.

walaupun operasi ketupat 2019 sudah berakhir namun agenda demokrasi pilpres dan pileg 2019 masih menyisahkan tahapan gugatan mk tentang hasil pengumuman pleno kpu pusat. yang tentunya situasi ini dapat dipolitisir oleh plhak-pihak yang kurang puas dengan hasil pleno kpu pusat untuk memperkeruh situasi kamtibmas yang masih kondusif ini. oleh karena itu. melalui apel konsolidasi ini saya mengajak kita semua untuk tetap bersinergi dan solid seperti yang sudah terjalin selama ini agar negeri yang kita cintai ini tetap aman dan damai.

Sebelum mengakhiri sambutan. Kapolres Halsel sampaikan beberapa penekanan yaitu pelihara dan jaga kekompakan tni polri dan instansi terkait serta selalu bersinergi dalam mewujudkan keamanan dan kedamaian di wilayah halmahera selatan

Khusus untuk personil polri dan satgas terpadu laksanakan kegiatan rutin yang ditingkatkan (kryd) dalam rangka menjaga situasi di wilayah hukum polres halmahera selatan melalui pengamanan mako, deteksi dini dan penyelidikan potensi konfuk, optimalisasi kegiatan penanganan preman/kejahatan jalanan, tingkatkan pendekatan dan pembinaan kepada masyarakat untuk tidak terprovokasi atau terjebak dalam nuansa hoax.

Kepada seluruh instansi terkait dan petugas pengamanan operasi ketupat kie raha 2019 saya kapolres halmahera selatan selaku ka opsres mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas dedikasi dan kerjasamanya dalam mendukung tugas kepolisian selama pengamanan idul fitri 1440 h sehingga dapat berlansung dengan aman dan kondusif, tutup amanat Kapolda Maluku Utara yang dibacakan Kapolres Halsel. (Bur)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY