Universitas Islam Sultan Agung Semarang, Gelar Pelatihan Keprotokolan Melalui Virtual

Universitas Islam Sultan Agung Semarang, Gelar Pelatihan Keprotokolan Melalui Virtual

150
0
BERBAGI

Suara Indonesia News – Semarang. Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) Semarang Sukses Gelar Pelatihan Keprotokolan Melalui Virtual dengan tema “Menjadi Protokoler Profesional, Handal dan Wawasan” Bersama Kak Hasan seorang Profesional Protokoler yang biasa bertugas untuk tamu dalam negeri dan luar negeri. Senin (21/12/2020)

Acara ini diikuti mahasiswa dan mahasiswi Program Studi  Ilmu Komunikasi Universitas Islam Sultan Agung Semarang dan Program Studi Sastra Inggris yang mengikuti kuliah Public Speaking.

Dalam Sambutanya, Dosen Ilmu Komunikasi FBIK Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) Semarang,  Made Dwi Adnjani, M.I.Kom menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kak Hasan selaku pemateri pada hari ini bisa berkenan sharing dan berbagi pengalaman bagaimana cara komunikasi yang baik saat menjadi pendamping tamu dalam dan luar negeri.

Beliau menambahkan, sistem pendidikan program studi ilmu komunikasi UNISSULA bertujuan menghasilkan sarjana dan profesional berjiwa Islam di bidang tersebut yang mampu berkarya dan mengabdikan ilmu, ketrampilan dan kecakapannya di tingkat nasional dan global dalam rangka berperan serta dalam membangun peradaban Islam.

Kami berharap nantinya mahasiswa yang mengikuti pelatihan ini bisa dipraktekan saat acara-acara di kampus atau di masyarakat dan ke depan bisa menjadi protokoler yang profesional dan handal, tutupnya.

Kak Hasan dalam pemaparanya menyampaikan, ilmu komunikasi adalah dasar yang sangat penting yang harus dimiliki seorang protokoler, karena menjadi protokoler harus menguasai komunikasi, koordinasi dan kolaborasi yang baik karena setiap tamu yang didampingi harus dilayani dengan maksimal supaya tamu merasa aman dan nyaman.

Beliau menambahkan, persiapan demi persiapan harus detail sejak awal kedatangan, penjemputan, tempat transit, waktu acara serta selesai acara wajib diatur dengan tertib dan rapi sehingga acara bisa berjalan dengan sempurna.

Persiapan yang matang serta koordinasi dan kolaborasi antar lini, merupakan hal penting yang harus dilaksanakan sehingga acara demi acara bisa terlaksana dengan Baik, serta seorang protokol harus cepat, tanggap, cekatan, luwes serta mempunyai feeling yang kuat dalam melaksanakan tugasnya,” imbuhnya.

Sebagai penutup, kak Hasan menyampaikan ada 5 Aspek yang harus dimiliki seorang protokoler yaitu Bicara, Pakaian, Tubuh, Gerak dan Atitude yang baik. (Nur K)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY