Wabup Halsel Iswan Hasjim, Buka Sosialisasi Pemantapan Penyelenggaraan Pemilihan Umum 2019

Wabup Halsel Iswan Hasjim, Buka Sosialisasi Pemantapan Penyelenggaraan Pemilihan Umum 2019

564 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Labuha, Wakil Bupati Halmahera Selatan (Halsel) Iswan Hasjim membuka dengan resmi Sosialisasi Pemantapan Penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak Tahun 2019 yang berlangsung di Canga Matau. Kamis, (04/04-19).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Halsel ini juga dihadiri Kabid P2M Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Maluku Utara Khairudin Umaternate, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Munzir Daeng Abdullah, Kordiv PHL Bawaslu Halsel, Kepala Badan Kesbangpol Muhammad Balakum, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bustami Soleman, Kabag Humas dan Protokoler Mujiburrahman serta Staf Kesbangpol dan Peserta Sosialisasi.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Iswan Hasjim menyampaikan bahwa sosialisasi penyelenggaraan Pemilu serentak tahun 2019 merupakan bagian dari momentum yang dihadirkan atas peran setiap individu untuk dapat menjaga stabilitas kehidupan bermasyarakat

“Oleh karena itu, saya atas nama pemerintah daerah menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya sosialisasi ini”, pungkasnya

Wabup mengatakan sosialisasi pemantapan ini harus dilakukan agar keterlibatan seluruh unsur masyarakat secara maksimal dapat di wujudkan.

“Karena respon masyarakat akan memberikan dampak yang besar bagi tumbuhnya kehidupan berdemokrasi untuk mencapai tujuan kita bersama”, tandasnya

Dirinya berharap pemangku kepentingan dapat memastikan agar tidak ada satu jiwa yang tidak memberikan hak suaranya karena ini merupakan tujuan dari demokrasi.

Pada kesempatan yang sama, Khairudin Umaternate selaku Kabid P2M BNN Provinsi Malut menjelaskan peran Kesbangpol dan Badan Narkotika Nasional (BNN) tentang upaya Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

“Dalam upaya pencegahan ini dibutuhkan langkah ekstrim yang dilakukan bersama antara pemerintah daerah dan Tim Terpadu karena narkoba saat ini telah masuk ke desa-desa”, tuturnya.

Dirinya juga mengatakan bahwa pihak BNN akan melakukan launching Desa Bersinar atau desa bersih narkoba di Halsel, “desa-desa yang diuji cobakan untuk dikepung dalam rangka pencegahan narkoba dengan menggunakan tiga kekuatan di desa yaitu Bintara Pembina Desa (Babinsa), Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkatibmas) dan kepala desanya dengan menggunakan Anggaran Dana Desa (ADD) yang mulai efektif tahun 2020 tetapi diuji cobakan di tahun 2019 dengan indikator desa yang diuji cobakan yaitu desa dengan tingkat kriminalitas tinggi”, tutupnya

Sementara itu, Ramli Djamrud selaku Ketua Panitia menyampaikan bahwa tujuan dari pelaksanaan sosialisasi ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan informasi kepada peserta tentang pelaksanaan Pemilu baik KPU, Bawaslu dan Pemerintah Daerah Halsel serta terwujudnya sinergitas dari seluruh pemangku kepentingan.

“Adapun peserta sosialisasi ditargetkan berjumlah 100 orang yang terdiri dari Organisasi Masyarakat (Ormas)/ Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama, Camat dan Kepala Desa dalam Wilayah Ibukota Labuha, serta Guru PPKN  pada tingkat SMA/sederajat.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Wakil Bupati tentang pemantapan penyelenggaraan Pemilu serentak Tahun 2019, Ketua KPU tentang kesiapan KPU dalam menghadapi Pemilu serentak dan Kordiv PHL Bawaslu Halsel terkait tata cara pengawasan kampanye pada Pemilu 2019.

Kemudian diakhiri dengan penyerahan dokumen dari Kabid P2M BNN Provinsi Malut kepada Wakil Bupati Halsel. (Bur)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY