APBD Purwakarta Tembus 2,65 Trilyun, Ini 12 Program Priorotas

APBD Purwakarta Tembus 2,65 Trilyun, Ini 12 Program Priorotas

288 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Purwakarta. Pemerintah Kabupaten Purwakarta dan DPRD menyepakati rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS) APBD 2024, dalam rapat paripurna.

Tak kurang dari 12 program prioritas akan diutamakan dalam KUA PPAS APBD 2024 yang disepakati sebesar Rp2,65 triliiun.

Rapat paripurna yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Purwakarta, Ahmad Sanusi itu dihadiri oleh sekitar 31 anggota dewan, masing-masing kepala atau perwakilan OPD dan Pj Bupati Purwakarta Benni Irwan.

Dalam rilis yang diterima media, Rabu (25/20/2023) Pj Bupati Purwakarta Benni Irwan menuturkan, secara teknis pembahasan rancangan KUA dan PPAS  ini sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu.

Pada paripurna ini disepakati rancangannya bersama DPRD. Rancangan ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari rencana pembangunan daerah.

“Disepakati bahwa Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Purwakarta Tahun Anggaran 2024 sebesar Rp2,65 triliun,” kata Benni.

Pj Bupati Purwakarta Benni Irwan menyebutkan bahwa pada KUA PPAS APBD 2024, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta memiliki 12 program prioritas. Dari 12 program tersebut, ada lima prioritas yang diutamakan dalam penggunaan dana APBD 2024.

“Jadi ada yang sifatnya wajib yaitu kesehatan, pendidikan dan infrastruktur. Selain itu, kami juga akan fokus pada ketahanan pangan serta peningkatan kualitas reformasi birokrasi atau peningkatan pelayanan publik,” ucap Benni.

Meski demikian, lima hal yang diutamakan itu tidak bermaksud untuk menyampingkan prioritas yang sudah disepakati.

Tentu kami juga akan fokus kepada penanganan stunting lalu menekan penurunan angka kemiskinan hingga anggaran yang perlu disiapkan untuk Pilkada 2024 mendatang,” ucap Pj Bupati Purwakarta Benni Irwan.

Benni berharap, penggunaan APBD 2024 bisa tepat sasaran dan bisa dikelola dengan baik di Pemkab Purwakarta.

“Mudah-mudahan, dari usulan yang kami sampaikan tadi bahwa pemasukan sebesar Rp 2,6 Triliun itu bisa sesuai dengan pengeluaran sekitar Rp 2,6 Triliun juga. Tentu, itu tidak akan mengurangi semangat kami untuk terus meningkatkan pendapatan daerah,” pungkas Pj Bupati Purwakarta Benni Irwan.

Hal senada juga diungkapkan Sekda Purwakarta Norman Nugraha. Menurut dia, dalam rancangan KUA dan PPAS 2024 tersebut ada 12 program prioritas.

“Dari 12 program itu ada lima program yang menjadi super prioritas Pemkab Purwakarta, yaitu reformasi birokrasi, infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan pangan,” ujar Norman Nugraha yang juga Ketua TAPD Purwakarta. (Fuljo)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY