Bupati Lepas Calon Jemaah Haji Asal Kabupaten Halmahera Selatan

Bupati Lepas Calon Jemaah Haji Asal Kabupaten Halmahera Selatan

596 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Labuha, Sebanyak 225 Calon jemaah Haji (CJH) Kabupaten Halmahera Selatan tahun 1440 H/2019 M yang tergabung dalam Kloter 9, secara resmi dilepas oleh Bupati Hi. Bahrain Kasuba di Pelabuhan Babang. Kamis, 11 Juli 2019.

CJH Kabupaten Halmahera Selatan tersebut, terdiri dari 112 Jemaah Laki-laki dan 113 Jemaah Perempuan yang berasal dari 25 kecamatan.

Turut hadir pada pelepasan CJH ersebut, Sekertaris Daerah Helmi Surya Botutihe, Unsur Forkopimda Halsel, para Asisten, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Halsel Hasym Hi Hamzah, para Staff Ahli, Pimpinan SKPD Kab. Halsel, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Daerah (PPIHD) dan CJH Kabupaten Halsel serta para keluarga.

Dalam sambutan Bupati Halmahera Selatan, Hi. Bahrain Kasuba meyampaikan selamat kepada Calon jemaah Haji yang akan berangkat ke tanah suci.

“Saya mengucapkan selamat kepada Calon jemaah Haji, semoga dapat kembali dengan selamat dan menjadi haji yang mabrur”, ucapnya.

Pada kesempatan itu, Bupati juga mengingatkan kepada para CJH untuk menjaga kondisi masing-masing saat berada di tanah suci, mengingat ibadah haji memerlukan fisik dan mental yang kuat.

“Kepada para pendamping khususnya pihak medis, harus memastikan kesehatan para Calon jemaah Haji sebelum keberangkatannya dan kepada Calon jemaah Haji harus terus menjalin komunikasi yang baik dengan petugas”, himbaunya.

Lanjutnya, tak hanya itu, hal paling penting yang harus diperhatikan oleh CJH adalah memelihara persatuan dan kesatuan, serta keutuhan dan kekompakan regu.

Sementara itu, pada laporan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Halsel, Hasym Hi Hamzah selaku Kepala Staf Penyelenggara Haji Kabupaten Halsel, mengatakan bahwa persiapan CJH yang dilakukan adalah meliputi Manasik yang diawali dengan tes kebugaran sebanyak 2 kali oleh Tim Kesehatan Haji Kab. Halsel dan Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara.

“Bimbingan Manasik haji diklasifikasi menjadi 3 tahap, pertama Manasik mandiri sebanyak 15 kali, kedua Manasik tingkat kecamatan sebanyak 8 kali, dan tingkat kabupaten sebanyak 2 kali”, jelasnya.

Dirinya juga menerangkan biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH/ONH) tahun ini sebesar Rp. 39.207.741 yang menjadi tanggung jawab masing-masing JCH, juga ada beberapa komponen biaya yang dibantu atau di subsidi oleh Pemda kepada 225 JCH Kab. Halsel.

” Diantaranya biaya embarkasi sebesar Rp. 3.582.720/ jamaah, biaya insentif bagi 5 ketua rombongan dan 20 ketua regu, serta biaya bimtek untuk para ketua rombongan dan regu”, terangnya.

Diakhir sambutannya, Hasym Hi. Hamzah menyampaikan terimakasih kepada Bupati Bahrain Kasuba, Unsur Forkopimda dan Pimpinan SKPD serta semua yang telah mengambil bagian dan peranan penting dalam upaya mengsukseskan proses pelayanan Ibadah Haji bagi Calon jemaah Haji musim Haji 1440 H/2019 M.

Kadis Sosial Jusmin Dahlan saat diwawancarai mengatakan bahwa Panitia Pendamping  Calon jemaah Haji Tahun 2019 yang akan mendampingi CJH sebanyak 6 orang dari Dinas Sosial, 9 orang dari Dinas Kesehatan, dan 3 orang dari Kantor Kemenag  Halsel.

“Pendamping yang akan berangkat ke makassar sebanyak 5 orang dari Dinsos dan 9 orang dari Dinkes,  sisanya hanya sampai di Ternate”, ujarnya.

Para Calon jemaah Haji Kabupaten Halsel berangkat dari Pelabuhan Babang menggunakan Kapal Satria 99 Ekspress menuju Kota Ternate, kemudian langsung ke Asrama Haji di Kelurahan Ngade, Ternate Selatan.

Selanjutnya, pada tanggal 12 Juli 2019 CJH Kabupaten Halsel yang termasuk dalam Kelompok Terbang (Kloter) 9 akan berangkat ke Makassar dan menuju Madinah pada tanggal 13 Juli 2019. CJH Kabupaten Halsel akan  berada di Madinah selama 8 hari dan selanjutnya menuju Jeddah.

CJH Kabupaten Halsel tahun 1440 H/2019 M usia yang tertua 98 tahun atas nama Buhari Muhammad Kasim asal Desa Kampung Makiang, Kecamatan Bacan Selatan.

Pelapasan CJH Halsel diwarnai dengan Isak tangis dari keluarga,  dan diakhiri dengan jabat tangan Bupati dan seluruh stakeholder yang hadir bersama 225 CJH Kabupaten Halsel serta ditandai dengan kumandang Adzan yang menambah haru suasana keberangkatan CJH.  (Bur)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY