Commander Wish Kapolda Sumatera Selatan: Delapan Terobosan Kreatif Polsek Tanjung Agung Selama...

Commander Wish Kapolda Sumatera Selatan: Delapan Terobosan Kreatif Polsek Tanjung Agung Selama Satu Tahun

191 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Muara Enim SumSel, Menindaklanjuti “Commander Wish Kapolda Sumatera Selatan”, Polres Muara Enim melalui Polsek Tanjung Agung dibawah kepemimpin AKP ARIF MANSYUR.SH.SIK.MM, langsung melaksanakan Atensi pimpinan dengan terus melanjutkan 8 (Delapan)Terobosan Kreatif Polsek Tanjung Agung yang memang sudah sejak 1 (Satu) tahun lebih dilaksanakan semenjak kepemimpinan beliau dengan motto “SILATURAHMI SETIAP HARI”.

Adapun 8 (Delapan) Terobosan Kreatif Polsek Tanjung Agung tersebut diantaranya :

1.  PATEN MAS (Polisi Ada di Tengah Masyarakat)

Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari oleh anggota SPK dan Sabhara Polsek Tanjung Agung dimana kegiatan ini meliputi Patroli dan Pengamanan dalam KRYD (Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan) baik dalam rangka patroli ke daerah rawan 3C (Curas,Curat dan Curanmor) dan pengamanan di setiap pasar kalangan ataupun tempat – tempat yang membutuhkan kehadiran Polisi. Diharapkan dengan kehadiran Polisi Berseragam ada dimana-mana manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat sehingga tercipta rasa aman dan nyaman.

2. BAPAKADES (Bhabin Penyuluhan Kamtibmas di Desa dan Sekolah)

Kegiatan ini dilaksanakan oleh para Bhabinkamtibmas Polsek Tanjung Agung setiap hari Senin pagi kegiatan ini dilaksanakan secara langsung bertatap muka dengan para audiensi dengan memberikan penyuluhan ataupun himbauan Kamtibmas serta Hukum ke desa-desa ataupun ke sekolah – sekolah secara bergiliran.Sehingga diharapkan warga desa semakin dapat mengenal hukum dan dapat memberikan pengetahuan hukum di usia dini kepada para murid murid sekolah.

3. NOBAR POLMAS (Ngobrol Bareng Polisi dan Masyarakat)

Kegiatan ini dilaksanakan oleh para Bhabinkamtibmas setiap hari Selasa yang dilakukan langsung ke rumah rumah warga (Door to Door) atau kantor desa untuk bertatap muka bersilaturahmi dengan para warga di desa binaannya masing masing. Disini diharapkan warga dapat lebih terbuka kepada Polisi untuk bertanya ataupun meminta saran pendapat atau bahkan tempat untuk mencari solusi permasalahan yang ada di desa, sehingga diharapkan setiap permasalahan kecil yang ada di desa dapat diselesaikan tanpa harus melalui proses hukum. Sehingga diharapkan dapat menambahkan tingkat kepercayaan di masyarakat terhadap POLRI (Public Trust).

4. COMING to DESA MAS (Coffee Morning Kades, Babinsa dan Bhabinkamtimas)

Kegiatan ini juga dilaksanakan oleh para Bhabinkamtibmas Polsek Tanjung Agung dengan Babinsa dan Kades setempat setiap hari Rabu. Diharapkan dengan terjalin erat unsur 3 Pilar di desa dapat memperkuat Sinergitas dan Soliditas antar instansi yang ada di desa. Sehingga dapat semakin menjaga Kamtibmas di desanya masing masing. Termasuk dalam mengawal dana desa agar tidak terjadi penyimpangan ataupun dapat memberikan masukan agar proyek berjalan sesuai yang diharapkan.

5. KAIDAH SIBERKAT (Kegiatan Ibadah Polisi Bersama Masyarakat)

Kegiatan ini dilaksanakan oleh seluruh anggota berseragam yang ada di Polsek Tanjung Agung dengan cara Sholat Subuh berjamaah ataupun Safari Jumat serta melaksanakan pengajian dengan masyarakat untuk mempertebal keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

6. BARAKALLAH (Bhayangkara Bersedekah Karena Allah)

Kegiatan ini dilaksanakan oleh seluruh anggota Polsek Tanjung Agung setiap Jumat pagi dengan memberikan sebagian rezekinya setiap anggota yang hasilnya dikumpulkan untuk membeli sembako untuk dibagikan kepada 5 warga yang kurang mampu atau membutuhkan di 26 (Dua Puluh Enam) Desa secara bergiliran yang ada di Wilayah Hukum Polsek Tanjung Agung. Kegiatan ini juga mengajak Dokter dari Puskesmas Tanjung Agung untuk mengecek kesehatan dan memberikan obat obatan secara gratis kepada 5 (Lima) warga yang diberikan bantuan.

7. MJMA (My Job My Adventures)

Kegiatan ini juga dilakukan oleh seluruh anggota Polsek Tanjung Agung ke pelosok ataupun talang talang yang daerahnya jauh dari perdesaan yang kurang sentuhan dan binaan Polisi, sekaligus melakukan Patroli Karhutlah di sepanjang jalur yang di lewati. Dan juga menghimbau kepada warga yang daerahnya dekat dengan potensi wisata (Air Terjun atau Curug) agar dapat menjaga kelestariannya.

8. L.E.B.A.H (Law Enforcement dan Brave to Action Honestly)

Ini adalah pasukan khusus yang terdiri dari Kring Serse, Bhabinkamtibmas dan Intel Polsek Tanjung Agung (Keroyokan). Pasukan ini di bentuk oleh Polsek Tanjung Agung yang dipercaya dapat mengungkap setiap peristiwa yang meresahkan masyarakat dengan cepat dan tepat tanpa rekayasa dalam penegakkan hukum.Adapun penamaan Tim ini menyadur dari filosofi hewan Lebah dimana bila Lebah hanya sendiri kurang ditakuti oleh siapapun namun bila Lebah sudah berkumpul tidak akan ada yang berani mendekati dan hasilnya (Madu) dapat bermanfaat bagi masyarakat banyak.Untuk itulah Polsek Tanjung Agung berkomitmen dengan hadirnya Polisi di setiap desa dan lapisan masyarakat diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat di 26 (Dua Puluh Enam) Desa yang ada di Wilayah Hukum Polsek Tanjung Agung.

Dengan 8 (Delapan) Terobosan Kreatif Polsek Tanjung Agung inilah yang akhirnya dijadikan salah satu Terobosan Kreatif Polres Muara Enim dan sebagai salah satu Polres yang ditunjuk untuk mencanangkan ZI (Zona Integritas) menuju WBK (Wilayah Bebas Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bebas Melayani) dibawah kepemimpinan Kapolres Muara Enim AKBP AFNER JUWONO SH SIK MH.Yang akhirnya Polres Muara Enim mendapatkan Penghargaan Pelayanan Publik dari Kemenpan RI yang diterima langsung oleh Kapolres Muara Enim beberapa minggu yang lalu di Jakarta.

Selain itu Polsek Tanjung Agung juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat diantaranya “JUHU PINTAR” (ruang baca) ruang bermain anak,ruang ibu menyusui dan juga halaman parkir khusus wanita dan disabilitas. Dan tidak lupa Polsek Tanjung Agung juga telah menerapkan “Punish dan Reward” kepada setiap anggotanya yang berhasil untuk mendapatkan penghargaan dan juga yang berbuat kesalahan untuk mendapatkan efek. (Candra)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY