DANLANTAMAL IV IKUTI PEMBACAAN TAKLIMAT AWAL WASRIK BPK RI

DANLANTAMAL IV IKUTI PEMBACAAN TAKLIMAT AWAL WASRIK BPK RI

125 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Tanjung Pinang Kepri. Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IV (Danlantamal IV) Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto, S.E., M.Han., mengikuti pembacaan Taklimat Awal Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI yang berlangsung di ruang rapat Markas Komando (Mako) Lantamal IV Jl. Yos Sudarso No.1 Batu Hitam Tanjungpinang Kepulauan Riau, Selasa (02/3/2021).

Kegiatan tersebut akan berlangsung dari tanggal 02 sampai dengan tanggal 05 Maret 2021 yang nantinya, akan berkunjung ke Rumkital dr. Midiato Suratani, Fasharkan Mentigi dan Lanudal Tanjungpinang.

Tujuan dari pada Warik ini adalah, sebagai sarana kendali untuk mengetahui sampai dimana perkembangan dan peningkatan pelaksanaan program kegiatan yang telah dilaksanakan, di satuan-satuan TNI Angkatan Laut yang berada di Tanjungpinang dan Tanjung Uban.

Danlantamal IV dalam sambutannya mengatakan “Kegiatan Wasrik ini mempunyai dua makna strategis yang sangat berguna bagi perkembangan Lantamal IV terutama dalam upaya pencapaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP),” ujarnya.

Danlantamal IV juga mengatakan “Merupakan wahana yang tepat untuk memberikan informasi-informasi baru tentang berbagai kebijakan dan arahan yang digariskan pemerintah, serta untuk menyampaikan hasil temuan-temuan dan koreksi yang perlu disampaikan atas laporan keuangan Unit Organisasi TNI Angkatan Laut Tahun 2020,” tuturnya.

Ditempat yang sama Pengendali Teknis 2 Abdul Hakim, S.E., M.Si memaparkan Taklimat Awal diantaranya disampaikan “Tujuan pemeriksaan atas laporan keuangan dengan mempertimbangkan kuantitatif dan kualitatif sesuai aspek kesesuaian LK dengan SAP, kecakupan pengungkapan sesuai SAP, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan serta efektifitas system pengendalian intern,” jelasnya.

Lebih jauh dikatakan “Sasaran pemerikasaannya adalah kecukupan pengungkapan atas pagu dan realisasi anggaran LKKL, khususnya anggaran untuk penangananan Covid-19 serta keberadaan, kelengkapan, akurasi, pisah batas, klasifikasi, penilaian serta hak dan kewajiban atas saldo kas, uang muka, persediaan, aset tetap, aset lainnya, PNBP, Belanja Barang, Belanja Modal, serta pendapatan dan beban penyusutan,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wadanlantamal IV Kolonel Marinir Andi Rahmat M, Para Pejabat Utama Lantamal IV, Wakabin Rumkital dr Midiato Suratani Kolonel Laut (K) Dr. Haposan Samosir, Para Kadis dan Kasatker Lantamal IV. (OBET)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY