DKP Propinsi Aceh Laksanakan Bimtek Persiapan Sertifikasi Petambak Garam Aceh Utara

DKP Propinsi Aceh Laksanakan Bimtek Persiapan Sertifikasi Petambak Garam Aceh Utara

92 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Aceh Utara, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Propinsi Aceh melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) persiapan Sertifikasi Petambak Garam. Acara yang digelar di Aula Kantor  Camat Kecamatan Lapang, diikuti para petambak garam dari empat kecamatan wilayah pesisir kabupaten Aceh Utara.

Kepala seksi Pelayanan dan Pengembangan Usaha Kelautan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Afrizal,ST.MT mengatakan bahwa bimtek ini sangat diperlukan sebagai bagian dari pembinaan dan pengawasan dan memberikan informasi bahwa cara membuat garam dan aturannya.

“Semua profesi perlu diakui secara kompeten, tak kecuali petambak garam. Saat ini DKP Propinsi memberikan bimtek persiapan sertifikasi untuk petambak garam dengan modul utama yaitu pembuatan garam yang baik dan desain integrasi lahan,” jelas Afrizal, saat acara bimtek di laksanakan, Rabu (10/07/19).

Lebih lanjut dia mengatakan tujuan dari bimtek sertifikasi tersebut memastikan sumberdaya petambak garam yang berkemampuan memproduksi garam dengan kualitas yang tinggi. Selain itu, bimtek sertifikasi juga menjadi hal yang wajib kedepan selaras dengan kebijakan pemerintah 2019, untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia.

“Bimtek persiapan sertifikasi ini untuk memastikan bahwa garam yang dihasilkan oleh petambak garam dilakukan oleh petambak yang benar-benar kompeten di bidang produksi garam. Hal ini penting untuk menjamin kualitas garam bagi konsumen pengguna garam produksi dalam negeri,” tambah Afrizal.

“Kedapan DKP menargetkan petani garam  tidak saja hanya bisa produksi. Akan tetapi juga bisa melakukan pemasaran dan pengolahan. Sehingga, petani juga mendapatkan nilai tambah dari hasil produksi.

Pemateri Bimtek Sertifikasi Garam di bawakan oleh, Mohammad Jakfar Sodikin, Humas Koperasi Sekunder Induk Garam Nasional (SIGN) tentang peningkatan Kompetensi petambak garam dalam meningkatkan produksi dan kualitas garam.

Setelah mengikuti Bimtek sertifikasi, peserta dan rombongan tim langsung meninjau lokasi budidaya garam yang ada desa matang tunong kecamatan lapang.

Reporter : Azhari

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY