Karantina Pertanian Selenggarakan Agro Gemilang di Kampus

Karantina Pertanian Selenggarakan Agro Gemilang di Kampus

338 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Merauke, Karantina Pertanian Merauke melaksanakan sosialisasi Agrogemilang dengan tema “Pemanfaatan Teknologi Informasi Mendukung Ekspor Produk Pertanian dan Peternakan di Kabupaten Merauke”, di Universitas Musamus, Selasa (17/12-19).

Dalam sambutannya, Kepala Karantina Pertanian Merauke, Sudirman SP mengatakan, lalu lintas perdagangan berjalan cepat, karena sudah terkoneksi dengan internet.

“Tren belanja melalui online cepat sekali. Kita harus mewaspadai apabila ada yang ingin memasukkan benih-benih, hewan dan produk hewan yang berpotensi merugikan petani lokal” ujarnya.

Karantina Pertanian Merauke memiliki tupoksi mencegah tersebarnya Hama dan Penyakit Hewan Karantina dan Organisme Pengganggu Tumbuhan dari luar ke dalam negeri, antar area dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selain itu, Karantina harus mendorong produk-produk pertanian lokal agar bisa mencapai pasar luar negeri (ekspor). Maka perlu kerjasama dengan Pemda, Universitas, masyarakat, gapoktan, dan terutama pemuda. “Agrogemilang (Ayo Gerakkan Ekspor Generasi Milenial Bangsa) hadir mendorong pemuda-pemuda berani memasarkan produk pertanian. Selain itu, mengajak generasi milenial menjadi bagian dari GRATIEKS ‘Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor Pertanian” tambah Sudirman.

Dalam meningkatkan pembangunan pertanian, Kementerian Pertanian memiliki program andalan yang nantinya akan menyentuh petani sampai tingkat kecamatan. Program tersebut akan memberikan data dan informasi pertanian secara akurat. “Program Konstratani (Komando Strategi Pembangunan Pertanian) untuk membangun pertanian lokal. BPTP, BPP, dan Gapoktan akan didorong proaktif untuk mewujudkan kedaulatan pangan nasional” pungkasnya.

Koresponden: Harry Sinaga.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY