Kepala Puskesmas Saketa dan Kadinkes Halmahera Selatan, di Duga Sekongkol Sunat Dana...

Kepala Puskesmas Saketa dan Kadinkes Halmahera Selatan, di Duga Sekongkol Sunat Dana BOK

1,147 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Halsel, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Korps Pejuang Pemuda Pemudi Indonesia (KPPPI) Halmahera Selatan, menduga adanya penyalagunaan Dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) Puskesmas Saketa. (13/12-19)

Ketua DPC KPPPI Halmahera Selatan, Hardin Idris Ketika Di Temui Wartawan, Jum’at (13/12-19) Menjelaskan adanya dugaan penyalagunaan Dana BOK Puskesmas Saketa, pasalnya Dana BOK Senilai Rp 1.075.000.000, yang di peruntukkan untuk operasional, ATK dan kebutuhan Puskesmas lainya harus di setor  40 % ke puskesmas, melalui Bendahara dan kepala puskesmas dari setiap program yang di rencanakan.

“Ada dugaan penyalagunaan yang tidak sesuai juknis terkait pengelolaan Dana BOK Puskesmas Saketa, dimana anggaran BOK Senilai satu miliar lebih untuk operasional kesehatan harus di buka 40% di setor ke bendahara yang tidak di ketahui penggunaanya”, ungkap Hardin.

Atas dugaan ini Hardin Idris, mendesak pihak Kejari Labuha, untuk melakukan penyelidikan terkait penggunaan Dana BOK Puskesmas Saketa.

“Pasalnya banyak keluhan pegawai puskesmas, dan atas penyotoran 40 persen tersebut kegiatan puskesmas saketa menjadi tidak efektif,” Tutup Hardin.

Terpisah, Kepala Puskesmas Saketa, Darmo Umar ketika di konfirmasi media ini, membenarkan adanya penyetoran 40% untuk Puskesmas dan dari dana tersebut di gunakan untuk kegiatan – kegiatan puskesmas, Perjalanan Dinas dan Admin,

“iya ada kesepakatan dengan staf puskesmas untuk 40% ke puskesmas dan 60 persen untuk program, karena jika mengikuti juknis, maka apa yang di laksanakan petugas, itu yang di bayar sesuai arahan Kepala Dinas Kesehatan,  terkait 40% yang di setor ke bendahara di gunakan untuk kegiatan – kegiatan puskesmas, perjalanan dinas dan admin,” ungkap Darmo. (Bur)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY