Mahasiswa Universitas Riau, Sosialisasi Pembuatan Pupuk Organik Berbahan Dasar Kelapa Sawit

Mahasiswa Universitas Riau, Sosialisasi Pembuatan Pupuk Organik Berbahan Dasar Kelapa Sawit

367 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Pekanbaru, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau di Desa Sungai Buluh Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi laksanakan acara sosialisasi pembuatan pupuk organik berbahan dasar tandan kosong (tankos) kelapa sawit, Sabtu (10/08/2019).

Sosialisasi yang diadakan di gedung serbaguna Desa Sungai Buluh ini turut dihadiri oleh Kepala Desa Sungai Buluh Imam Suroyo, Ketua PKK Sungai Buluh, Kepala Dusun, Mahasiswa KKN UIN SUSKA RIAU, dan masyarakat setempat. Tidak hanya menyampaikan sosialisasi, mahasiswa Kukerta Universitas Riau juga langsung memberikan praktek pembuatan pupuk organik di depan para warga.

Acara ini disambut antusias oleh masyarakat setempat. Hampir seluruh peserta yang mengikuti sosialisasi ini mencatat materi yang disampaikan dan meminta softfile yang ditampilkan.

Koordinator Desa (Kordes) Kukerta Universitas Riau Desa Sungai Buluh, Ok Ricky J. Qadri Tarigan menuturkan bahwa acara ini diadakan karena melihat kelapa sawit merupakan

penghasil perkebunan terbesar di Desa Sungai Buluh. Selain itu, ini juga merupakan bentuk pengabdian sekaligus salah satu program kerja unggulan dari mahasiswa Kukerta Universitas Riau.

“Kami melihat kalau kelapa sawit merupakan penghasilan terbesar di Desa Sungai Buluh ini. Selain itu, banyaknya tandan kosong (tankos) yang terbuang dan menjadi sampah membuat kami berinisiatif memanfaatkan potensi alam di desa ini. Salah satunya dengan membuat sosialisasi pembuatan pupuk organik berbahan dasar tandan kosong (tankos) kelapa sawit.” ujar Ricky.

Ricky juga menambahkan bahwa pupuk organik tersebut sangat cocok dikembangkan di Desa Sungai Buluh. Selain karena pembuatannya yang sangat praktis, kelapa sawit juga

merupakan penghasil perkebunan terbesar di Desa Sungai Buluh.

Selain itu, Kepala Desa Sungai Buluh Imam Suroyo turut memberikan apresiasi atas terselenggaranya sosialisasi yang ditaja oleh tim Kukerta Universitas Riau ini.

Menurutnya, sosialisasi ini sangat penting untuk masyarakat dalam mengembangkan kebun toga Desa Sungai Buluh.

“Kami sangat mengapresiasi acara sosialisasi ini. Sosialisai ini tentunya sangat berguna bagi masyarakat, apalagi untuk kebun toga Desa Sungai Buluh.” ujar Imam Suroyo.

Terakhir, mahasiswa Kukerta Universitas Riau mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada seluruh peserta yang hadir di acara sosialisasi pembuatan pupuk organik berbahan dasar tandan kosong (tankos) kelapa sawit menggunakan Efektive Microorganisme (EM4).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY