Menunjang Kerja Petugas Kebersihan, DLH Konawe Butuh Alat Berat

Menunjang Kerja Petugas Kebersihan, DLH Konawe Butuh Alat Berat

2,665 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Konawe. Petugas Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kab. Konawe yang kebanyakan petugas kebersihan dari tenaga kontrak, memiliki keterbatasan dalam menjaga kebersihan kota Unaaha. Tidak semua upaya pembersihan sampah di kota unaaha bisa diakomodir tenaga kontrak DLH,

Namun meski mengandalkan bantuan peralatan tertentu apa adanya, DLH Konawe masih membutuhkan alat berat untuk memindahkan suatu material, menggali pondasi, lubang hingga parit. Alat berat itu rupanya belum dimiliki DLH Konawe sehingga membuat proses pembersihan sampah menjadi kurang optimal.

Herianto Wahab, Kepala DLH Kabupaten  Konawe, beberapa waktu lalu mengatakan, petugas kebersihan sering dihadapkan pada pekerjaan yang membutuhkan alat berat. Bahkan Ia mengaku sudah mengusulkan pengadaan alat berat merk Beko untuk menunjang kerja “pasukan kuning” di lapangan.

Lanjutnya, tapi sampai saat ini belum ada kejelasan apakah disetujui atau tidak pengadaan alat berat itu. Padahal, itu sangat dibutuhkan untuk mengantisipasi insiden yang bisa dialami para tenaga kontrak di DLH Konawe, keluh mantan Kasatpol PP dan Damkar Konawe itu. (03/12-2022)

Kadis DLH juga menuturkan, pihaknya saat ini memang telah memiliki beberapa armada pengangkut sampah. Namun, untuk kendaraan jenis alat berat, belum ada hingga saat ini. Armada pengangkut sampah yang dimiliki, berjumlah 9 kendaraan jenis truk.

“Itupun satu truk sudah rusak. Delapan truk masih beroperasi namun tidak berfungsi dengan baik. Hal itu membuat biaya operasional menjadi sangat besar,” ungkapnya.

Herianto Wahab menambahkan, dengan adanya armada jenis alat berat di DLH, kendaraan tersebut bisa meringankan pekerjaan petugas kebersihan yang tidak bisa dilakukan secara manual. Belum lagi, wilayah operasi yang sangat luas dan konsentrasi sampah yang begitu padat, membuat ketersediaan alat berat dirasa sudah cukup urgen.

“Kabupaten Konawe masuk kategori kota sedang. Kita sangat membutuhkan alat berat tersebut agar upaya pembersihan daerah kita semakin optimal,” tutup Kadis DLH. (Red SI)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY