Organisasi Wahana Keadilan Masyarakat Adat Tolaki (Walaka – Tolaki) Terbentuk

Organisasi Wahana Keadilan Masyarakat Adat Tolaki (Walaka – Tolaki) Terbentuk

612 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Konawe, Rapat pembentukan organisasi Wahana Keadilan Masyarakat Adat Tolaki (Walaka – Tolaki), berlangsung di Indo Kafe Unaaha, kabupaten konawe – Sulawesi Tenggara, (07/08-19).

Pembentukan organisasi Walaka – Tolaki ini bertujuan untuk mempertahankan dan mengangkat harkat, martabat dan marwah adat istiadat dan kebudayaan tolaki dalam tata pergaulan dunia dan pembangunan, serta mendorong terciptanya keadilan sosial bagi masyarakat adat tolaki dalam konteks exsploitasi dan ekstraksi modal sosial dan potensi sumber daya alam.

Yusran Taridala inisiator berdirinya Wahana Tolaki mengatakan, organisasi ini beralaskan Pancasila dan UUD 1945. Gagasan pembentukan organisasi ini lahir berdasarkan ide untuk menyatukan dan manangkal terhadap terkikisnya nilai nilai budaya kita yang termakan oleh moderenisasi zaman dan semakin hilang dikalangan generasi muda kita saat ini.

Orgnisasi ini bersifat sosial kemasyarakatan menjauhi etno – sentrisme dan rasialisme, bersifat independen serta menjunjung tinggi hak asasi manusia.

Visi Walaka Tolaki adalah : mewujudkan tata peradaban masyarakat adat tolaki yang bermartabat, berbudaya dan berkeadilan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Misi Walaka Tolaki adalah : mendorong tumbuhnya apresiasi/penghargaan masyarakat terhadap kebudayaan tolaki baik dalam maupun luar negeri. Menghadirkan dan memperkuat kembali fungsi dan peranan sistim nilai sosial budaya tolaki dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat dalam bingkai NKRI. Melakukan advokasi terhadap hak – hak masyarakat hukum adat tolaki dalam konteks penyelenggaraan dan tata kelola pemerintahan, pembangunan dan pengelolaan sumber daya alam.

Yusran Taridala juga menyampaikan, kalau organisasi ini kita sepakati kita akan menyusun struktur organisasi dan setelahnya dalam waktu dekat kita akan adakan pengukuhan organisasi Walaka Tolaki. (Red.SI)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY