Parade Budaya Nusantara Meriahkan Jambore PKK Tingkat Sultra 2024

Parade Budaya Nusantara Meriahkan Jambore PKK Tingkat Sultra 2024

1,375 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Konawe. Pelaksanaan Jambore Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), yang akan berlangsung selama dua hari, diawali dengan pelaksanaan Parade Budaya Nusantara yang di ikuti oleh peserta PKK dari 17 Kabupaten/Kota se Sulawesi Tenggara. (19/04-2024)

Untuk diketahui, tahun ini Kabupaten Konawe di tunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan Jambore Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara.

Parade Nusantara berpusat di lapangan monapa yang  dilepas langsung oleh Pj Bupati Konawe Dr.H. Harmin Ramba, SE,MM.,  di dampingi ketua TP-PKK Konawe Hj. Trinop Tijasari Harmin,SH., dan selanjutnya diterima di pelataran kantor Bupati oleh Ketua TP-PKK Provinsi Sultra.

Peserta Parade Budaya Nusantara yang diikuti oleh Kader PKK dari 17 Kabupaten/Kota, menampilkan beragam budaya masing – masing daerah dengan menggunakan kostum adat dan selogan serta menampilkan tarian kas daerah masing-masing.

Seperti penampilan peserta dari Kader PKK Kabupaten Wakatobi yang terletak diujung tenggara pulau Sulawesi, dalam sejarahnya merupakan wilayah yang berada di Kesultanan Buton yang memegang teguh tradisi dan adat istiadat sebagai warisan leluhur sehingga di nobatkan sebagai cagar Biosfer dunia oleh Unesco,

Dibawah asuhan ketua TP-PKK Kab.Wakatobi, parade budaya wakatobi berkomitmen menjaga tradisi, membina solidaritas keluarga dan memperkuat ikatan Sosial masyarakatdi kawasan top teen destinasi parawisata nasional.

Sementara itu selaku tuan rumah pelaksanaan jambore, TP-PKK Kab. Konawe menampilkan ciri khas sebagai kota lumbung padi Sultra. Kabupaten Konawe adalah daerah yang di kelilingi gunung, sungai, sawah dan perkebunan. Masyarakat Konawe hidup damai, tentram dan menjaga ketahanan pangan sesuai dengan 10 perogram PKK,

Dibawah asuhan ketua TP-PKK Kab. Konawe, Tim penggerak PKK Kab. Konawe mempersembahkan tari lariangi dan tari mondo tambe. Gerak dan tari suku tolaki untuk menyambut tamu tamu kehormatan sebagai simbol penghormatan, penghargaan dan keramatamahan juga sebagai ucapan syukur selamat datang di negeri leluhur dan menyambut kader kader PKK Sulawesi Tenggara di lumbung padi kab. Konawe.

Ketua TP-PKK Kab. Konawe, Hj. Trinop Tijasari, kepada awak media beberapa waktu lalu mengatakan, selama 12 tahun terbentuk, baru kali ini jambore PKK dilaksanakan di daerah lumbung beras Sultra ini.

“Sebagai masyarakat Konawe, kita harus berbangga, karena ini merupakan yang kali pertama selama 12 tahun pelaksanaan. Baru sekarang menjadi tuan rumah,” ujarnya.

Sebagai tuan rumah, Trinop menaruh harapan besar pada seluruh masyarakat agar dapat memberi sambutan dan pelayanan yang baik bagi para peserta dari 17 Kabupaten/Kota.

“Mari kita sambut tamu kita yang datang dengan memberikan rasa nyaman, rasa yang tenang, dan wellcome pada seluruh tamu,” pintanya.

Ia juga mengatakan, ada enam lomba yang akan dilaksanakan nanti dalam rangkaian kegiatan. Misalnya, parade budaya yang akan menampilkan budaya masing-masing daerah peserta, lalu cerdas cermat yang diikuti seluruh kader, paduan suara, gelar pelangi, kuliner non beras, dan senam kreasi, tutup Hj. Trinop Tijasari. (Red SI)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY