Penularan HIV Masih Marak di Kabupaten Berau, Kadis Kesehatan : Agar Masyarakat...

Penularan HIV Masih Marak di Kabupaten Berau, Kadis Kesehatan : Agar Masyarakat Lebih Berhati – hati

1,409 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Berau. Penularan penyakit human immunodeficiency virus/acquire immunodeficiency syndrome (HIV/AIDS) masih cukup marak terjadi di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Beberapa bulan lalu Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Berau mendapati 13 orang terkena HIV/AIDS.

Menurut Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinkes Berau, Garna Sudarsono mengatakan, kasus HIV di Berau cenderung fluktuatif dalam lima tahun terakhir.

“Mayoritas kasus tersebut di dapati saat tim gabungan melaksanakan patroli di tempat hiburan malam (THM). Ada sejumlah 13 orang Pasien terjangkit AIDS dan pantau saat ini di bulan  juni, ungkap nya.

Kepala Dinas Kesehatan Totoh Hermanto menjelaskan kepada awak media saat di temui mengatakan, untuk lebih lanjut dan kejelasannya tanyakan pada Garna Sudarsono, tetapi beliau saat ini ada kegiatan dinas luar kota. (27/06/23)

Lanjutnya, masih tetap sama jumlah nya dengan data – data yang kemaren dan dari sejumlah yang terkena HIV/AIDS merupakan pekerja di THM, maka kami obati terlebih dahulu atau bisa langsung kami pulang kan ke daerah asal, karena yang terdapati ini orang dari luar daerah atau pendatang,

Data yang terkonfirmasi ada di Bidang Pengendalian dan Pencegah Penyakit (P2P), dan selama ini yang terjangkit rata-rata orang dari luar Berau yang bekerja di Berau.

“Biasa nya tim gabungan melakukan operasi gabungan terpadu dan pengawasan rutin di lakukan di puskesmas. Apabila dalam pengecekan atau pengobatan ada indikasi HIV/AIDS, pasti akan di kordinasikan ke Dinkes Berau,” ujar Kadis Kesehatan Berau.

Lanjutnya, selama pemeriksaan apabila didapati indikasi terjangkit HIV/AIDS maka pihak puskesmas akan melakukan pemeriksaan untuk lebih memastikan lagi

kami himbauan kepada masyarakat Berau tentu nya bagi kalangan remaja atau pemuda lain nya dan masyarakat  sekitar Berau, untuk terus berhati-hati dengan ada nya berita virus seperti ini , tutup Kadis Kesahatan. (Aji)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY