PMI dan UPTD RSUD Labuha Lakukan Aksi Donor Darah & Pemeriksaan Golongan...

PMI dan UPTD RSUD Labuha Lakukan Aksi Donor Darah & Pemeriksaan Golongan Darah

150 views
0
SHARE

Suara Indonesia News – Labuha, Guna memenuhi stok darah pada Bulan Ramadhan, Palang Merah Indonesia (PMI) Halmahera Selatan (Halsel) bersama Unit Pengelola Tranfusi Darah (UPTD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Labuha melakukan Aksi Sosial Donor Darah dan Pemeriksaan Golongan Darah di Lobi Kantor Bupati. Senin, (29/04/19).

Kegiatan ini diikuti oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup Pemkab Halsel dan masyarakat yang terpanggil untuk dapat mendonorkan darah.

Menanggapi Hal ini, Justiny Redjeb selaku Wakil Sekertaris PMI Kabupaten Halsel menjelaskan bahwa kegiatan aksi donor darah ini guna memenuhi stok darah di Bulan Ramadhan.

“Karena pada saat Bulan Ramadhan itu kebanyakan orang tidak dapat melakukan donor darah sehingga sebagai antisipasi kami dari Pihak PMI bekerjasama dengan RSUD Labuha melakukan aksi donor darah”, ungkapnya

Kepala Markas PMI Halsel ini juga menambahkan PMI menargetkan 150 kantong darah yang akan dijadikan stok darah dan diperuntukkan untuk pasien di Rumah Sakit yang membutuhkan tranfusi darah

“Tetapi melihat minimnya partisipasi pendonor khususnya dari Badan/Dinas, maka PMI menggunakan Instruksi Bupati Nomor 2 Tahun 2016 tentang Gerakan Donor Darah untuk menyurat ke dinas-dinas”, tandasnya

Dirinya berharap setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dapat lebih proaktif untuk berpartisipasi dalam aksi donor darah ini.

Sementara itu, Abdullah Orbo selaku Kasubag Tata Usaha Bagian Umum dan Perlengkapan usai mendonorkan darah mengatakan, aksi donor darah ini merupakan suatu kegiatan yang positif.

“Donor darah ini sangat baik bagi kita, dimana kita dapat terlibat langsung dalam memberikan darah, selain itu juga dapat membantu menetralisir atau membersihkan kembali darah kita”, ucapnya

Sebagai ASN, Abdullah berharap kegiatan seperti ini dapat terus menerus dilakukan agar pasien yang membutuhkan dapat segera tertolong dengan adanya darah yang kita berikan.

Sebelum melakukan donor darah, dilakukan beberapa tahapan guna mengecek kesiapan pendonor diantaranya melakukan tensi darah dan pengecekan Hemoglobin (Hb). (Bur)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY