Pondok Pesantren Darul Amanah Kunjungi FIB Universitas Airlangga Surabaya

Pondok Pesantren Darul Amanah Kunjungi FIB Universitas Airlangga Surabaya

276 views
0
BERBAGI

Suara Indonesia News – Surabaya.  Organisasi Santri Darul Amanah (OSDA) Putri masa bakti 2022/2023 Pondok Pesantren Darul Amanah Kunjungi Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Airlangga Surabaya. Rabu, 22 Juni 2022.

Kunjungan kali ini diikuti 9 pembimbing dewan asatidz dan ustadzah dan 116 pengurus OSDA putri Pondok Pesantren Darul Amanah.

Universitas Airlangga Surabaya merupakan salah satu kampus terbaik di Indonesia dan dinobatkan Versi WUR Tahun 2022 meraih peringkat 4 Universitas Terbaik di Indonesia dengan Skor 10.6-22.3

Kegiatan ini diterima langsung oleh Dekan FIB UNAIR, Prof. Dr. Purnawan Basundoro, SS. M.Hum, Wakil Dekan FIB UNAIR, Dr. Listiyono Santoso, S.S., M.Hum, dan Ketua Departemen Ilmu Sejarah, Dr. Sarkawi B. Husain, M.Hum.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Sambutan Dekan FIB, Wakil Dekan FIB dan Pemaparan Materi oleh Ketua Departemen Ilmu Sejarah FIB UNAIR.

Dekan FIB UNAIR, Prof. Dr. Purnawan Basundoro, SS, M.Hum menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan santri Pondok Pesantren Darul Amanah di FIB UNAIR Surabaya.

“Selamat datang kami ucapkan kepada santri Pondok Pesantren Darul Amanah, kami berharap santri Pondok Pesantren Darul Amanah lulusannya bisa berkontribusi dan mengisi berbagai posisi di negeri ini”, Ungkap Dekan.

Beliau menambahkan, “FIB UNAIR mempunyai beberapa Program Pendidikan yaitu Prodi Ilmu Sejarah, Sastra Jepang, Sastra Bahasa Indonesia, dan lain-lainya”.

“Kami berharap nanti lulusan dari Pondok Pesantren Darul Amanah bisa masuk ke Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga melalui jalur beasiswa, kemitraan, jalur undangan dan lainya”, Harap dekan FIB.

Wakil Dekan FIB UNAIR, Dr. Listiyono Santoso, S.S., M.Hum menambahkan dalam sambutanya, “Universitas Airlangga memiliki lebih dari 60 unit pengembangan kepemimpinan (Leadership) dan organisasi mahasiswa. Kelompok ini tersebar dalam lingkup oraganisasi, mulai program studi, fakultas, sampai dengan universitas. Termasuk di dalamnya terdapat Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)”.

“Beragam fasilitas untuk mahasiswa disediakan Universitas Airlangga dalam mendukung studi mereka selama di Surabaya dan di Kampus UNAIR di Daerah. Sarana dan prasarana dukungan ini meliputi pengembangan kemampuan mahasiswa bidang akademik maupun non-akademik”, Tambahnya.

Kepala Departemen, Dr. Sarkawi B. Husain, S.S., M.Hum.,memaparkan, “Departemen Ilmu Sejarah menjadi satu dari empat Program Studi (prodi) yang berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Airlangga (UNAIR). Departemen yang berdiri sejak 1998 itu merupakan mono disiplin ilmu, sehingga hanya membawahi prodi Ilmu Sejarah.

Dr. Sarkawi B. Husain, S.S., M.Hum., menuturkan bahwa prodi Ilmu Sejarah memiliki empat keunggulan. Beberapa di antaranya yaitu telah menjalin kerja sama dengan berbagai lembaga luar negeri untuk menyelenggarakan konferensi internasional, memiliki staf pengajar yang lulus dari berbagai perguruan tinggi ternama dari dalam dan luar negeri, serta staff pengajarnya sangat produktif dalam bidang akademik, riset, dan penerbitan buku.

“Kami juga fokus pada berbagai dimensi kajian Sejarah Perkotaan. Aspek inilah yang membedakan prodi Ilmu Sejarah UNAIR dengan prodi Ilmu Sejarah perguruan tinggi lainnya di Indonesia,” Terangnya.

Kunjungan kali ini ditutup dengan pemberian cinderamata dan keliling fakultas untuk melihat mini museum, ruang budaya yang didampingi oleh mahasiwa BEM Fakultas FIB serta diakhiri Photo bersama. (Nur K)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY