Prajurit TNI di Majalengka, Tanam Pohon Ulin di Sumber Mata Air Prabu...

Prajurit TNI di Majalengka, Tanam Pohon Ulin di Sumber Mata Air Prabu Siliwangi

74
0
BERBAGI

Suara Indonesia News – Kabupaten Majalengka. Prajurit TNI yang bekerjasama dengan CV Borneo Andeska Maja dan LPK Dua Sobat melalukan penanaman pohon ulin di area sumber mata air Obyek Wisata Prabu Siliwangi, di Desa Pajajar, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka.

Dandim 0617/Majalengka, Letkol Inf Andik Siswanto, melalui Danramil 1709/Rajagaluh, Kapten Inf Iyus Ibnu Khajar mengatakan, penanaman pohon ulin disekitar sumber mata air tersebut, bertujuan untuk menjaga sumber mata air agar tetap terjaga.

Karena, menurut Danramil, pohon ulin merupakan pohon keras yang dapat bertumbuh besar dan dapat bertahan pada usia yang lama, sehingga akan dapat menyerap dan mengikat air dalam jumlah yang besar.

“Selain itu, pohon ulin juga memiliki akar yang kuat, sehingga dapat menahan pada tanah yang relatif rawan longsor,” Kata Danramil (Sabtu,26/9/2020).

Danramil menambahkan, bahwa penanaman pohon tersebut, tak hanya dilakukan di area sumber mata air Obyek wisata Prabu Siliwangi ini saja, melainkan akan juga dilakukan di daerah-daerah, khususnya yang memiliki kondisi tanah yang labil atau rawan longsor.

“Saat ini, kita hanya secara simbolis melakukan penanaman pohon ulin sebanyak 20 pohon. Selanjutnya, akan dilaksanakan penanaman kembali setelah mulai masuk musim hujan,” Jelasnya.

Lebih jauh Danramil menjelaskan, bahwa adapun visi dari penanaman pohon ulin tersebut. Diantaranya, merupakan pelestarian tumbuhan langka, terutama tumbuhan keras dan kepedulian terhadap alam.

“Begitu juga misi penanaman pohon ulin sendiri, ialah guna menghijaukan kembali bumi, karena tumbuhan adalah sumber oksigen bumi dan pengikat air bumi,” Jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Pajajar, Paung mengucapkan terima kasih kepada Koramil 1709/Rajagaluh beserta unsur Muspika dan CV. Borneo Andeska Maja dan pihak terkait lainnya yang sudah mempercayakan atas penanaman pohon ulin di area mata air Obyek Wisata Prabu Siliwangi ini.

“Kita harapkan, semoga menjadikan pohon ulin tersebut sebagai pengikat rasa kepedulian kita kepada alam yang kita cintai,” Harapnya. (Hatta)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY